Umpan balik dalam Kasus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki dua arti, yang pertama adalah hasil atau akibat yang berbalik mengenai (berguna bagi) kita sebagai rangsangan (dorongan dan sebagainya) untuk bertindak lebih lanjut. Dan yang kedua adalah bahan yang diperoleh kembali dari penerapan sesuatu untuk unsur perbaikan dalam tindak lanjut.
Umpan balik guru kepada siswa merupakan tindakan atau informasi yang diberikan oleh guru guna memberikan informasi terhadap kinerja maupun pemahaman siswa. Pemberian informasi yang diberikan berupa kesenjangan tentang hal yang harus telah dan akan dipahami serta langkah yang harus diambil selanjutnya.
Sementara itu, umpan balik siswa kepada guru merupakan informasi tentang bagaimana pembelajaran telah dilakukan di kelas. Biasanya hasil dari umpan balik ini adalah guru yang mendapatkan informasi apakah kegiatan belajar mengajar berjalan dengan efektif.
Nantinya, guru akan bisa menilai jika ada kekurangan dalam pengajaran yang diberikan. Melansir dari laman akupintar berikut, manfaat umpan balik dalam pembelajaran baik dari guru ke siswa maupun sebaliknya, cara memberikan umpan balik ke siswa serta contoh pemberian umpan balik:
Manfaat umpan balik dalam pembelajaran
1. Umpan balik dari guru kepada siswa
Tujuan pemberian umpan balik dari guru ke siswa adalah untuk memberikan informasi tentang pencapaian siswa dalam proses belajar.Berikut manfaat dari umpan balik tersebut:- Mendorong peningkatan upaya, motivasi dan keterlibatan serta menyamakan pencapaian tujuan yang ingin diraih oleh siswa
- Memberikan informasi terkait strategi dalam pemahaman materi yang sedang dipelajari
- Mengetahui apakah pembelajaran yang dilakukan para siswa benar atau tidak, sekaligus mengetahui seberapa jauh pemahaman tentang pelajaran yang diajarkan
- Memberikan panduan bagi siswa tentang hal yang harus dilakukan guna meningkatkan capaian pembelajaran
- Memberikan arahan terkait pemahaman yang harus lebih terorganisir
- Memberikan umpan balik terkait kekuatan atau kelebihan yang dimiliki siswa terkait pembelajaran
- Memiliki konsep dasar berupa tujuan atau referensi tujuan
- Membandingkan kinerja saat ini dengan kinerja pada umumnya
- Terlibat dalam tindakan yang mengarah pada penutupan kekurangan
2. Umpan balik dari siswa untuk guru
Umpan balik untuk pengembangan diri sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh guru kepada siswa saja, sebaliknya guru juga harus meminta umpan balik dari siswa. Berikut adalah manfaat umpan balik yang diberikan siswa kepada guru:- Memberikan informasi tentang situasi dan kondisi siswa saat ini dari berbagai aspek pembelajaran
- Mendorong upaya dan motivasi guru agar mencapai tujuan pembelajaran
- Memberikan informasi terkait efektivitas strategi pembelajaran yang digunakan
- Mengetahui seberapa jauh siswa telah mencapai tujuan pembelajaran
3. Cara memberikan umpan balik ke siswa
- Guru menjelaskan kepada siswa bahwa dirinya berfokus untuk membantu siswa memahami penilaian pembelajaran milik mereka
- Guru mendorong siswa untuk dapat mengajukan pertanyaan tentang umpan balik mereka
- Guru membuat waktu yang teratur untuk mendiskusikan umpan balik dengan siswa secara individu maupun kelompok
- Guru membuka kesempatan untuk siswa yang ingin mengajukan pertanyaan tentang penilaian mereka
- Guru memberikan umpan balik sespesifik mungkin dengan tugas pembelajaran dan penilaian yang dihasilkan siswa
- Guru memberikan umpan balik yang spesifik dan eksplisit serta memberikan contoh
- Guru memberitahu jika pemahaman siswa tentang materi yang dibahas sudah baik
- Guru memberikan saran tentang langkah perbaikan untuk siswa di masa yang akan datang
1. Saat hasil tes ulangan
Setelah siswa mengikuti ulangan dan mengumpulkan, guru dapat langsung mengoreksi dan memberikan catatan tambahan agar siswa dapat mengetahui perbaikan yang harus dilakukan.2. Pada hasil tugas/pekerjaan siswa
Memberikan apresiasi kepada siswa meskipun hasil tugas perlu perbaikan adalah hal yang baik. Pemberian masukan dan catatan juga diperlukan agar siswa lebih terasa termotivasi untuk meningkatkan hasil tugas mereka.3. Pada saat pembelajaran di kelas
Guru dapat langsung mengamati dan berkomunikasi dengan siswa saat pembelajaran di kelas dilakukan. Komunikasi ini diperlukan sehingga ketika ada masukan atau penjelasan yang kurang jelas bisa langsung disampaikan oleh para siswa.Inilah manfaat umpan balik dalam pembelajaran baik dari guru ke siswa maupun sebaliknya, cara memberikan umpan balik ke siswa serta contoh pemberian umpan balik. Perlu diingat bahwa umpan balik yang sesuai dengan kebutuhan siswa akan lebih baik karena itu akan membuat hasil pembelajaran siswa lebih meningkat. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
| Baca juga: Guru, Intip Model Pembelajaran Talking Stick: Asyik Sekaligus Interaktif |
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News