Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman menyampaikan hasil survei Pilpres 2019. Foto: MI/Pius Erlangga.
Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman menyampaikan hasil survei Pilpres 2019. Foto: MI/Pius Erlangga.

Hitung Cepat Konsepindo: Jokowi-Ma'ruf 54,03%, Prabowo-Sandi 45,97%

Pemilu hitung cepat pilpres 2019
Lukman Diah Sari • 21 April 2019 22:37
Jakarta: Lembaga Konsepindo Research & Consulting membeberkan hasil hitung cepat (quick count) Pilpres 2019. Dari 99,57 persen data yang masuk, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih 54,03 persen, sedangkan prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 45,97 persen.
 
"Artinya dengan data ini paslon 01 dipastikan akan jadi juara," kata Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman, Jakarta, Minggu, 21 April 2019.
 
Veri menyakini, hasil hitung cepat lembaganya tak bakal jauh beda dengan real count yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Konsepindo, kata dia, berani dan siap bertanggung jawab soal hasil hitung cepat lembaganya lantaran bergabung dengan Perhimpunan Survei dan Opini Publik Indonesia (Persepi).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Metode quick count bisa dipelajari dan proses serta datanya bisa diaudit. Quick count juga merupakan partisipasi publik dalam pemilu yang diakui undang-undang," ujarnya.
 
Dia menegaskan, hitung cepat sebagai alat bantu untuk mengetahui hasil cepat pemenang pemilihan. Sementara untuk hasil pasti, harus menunggu keputusan KPU pada 22 Mei 2019.
 
"Bila ada keberatan atau gugatan, sudah ada jalur disediakan. Tapi hasil akhir berada di KPU, namun dari hitung cepat dipastikan 01 juara," tuturnya.
 
Dalam proses hitung cepat, Konsepindo melakukan pemantauan di Tempat Pemungutan Suara se-Indonesia yang ada di 34 Provinsi. Setiap unit populasi (TPS) mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi unit sampel utama.
 
Jumlah TPS sampel ditetapkan sebanyak 2.000 TPS. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Diperkirakan margin of error sebesar ±1 persen, pada tingkat kepercayaan 99 persen.
 
Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan sebesar 20 persen dari total sampel dengan cara monitoring dan pendampingan saat wawancara dan spotcheck pascasurvei.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif