Jakarta: Lembaga survei berbasis big data, Cakradata, mencatat tren popularitas digital calon presiden (capres) nomor urut 1
Anies Baswedan melejit usai debat perdana capres yang diselenggarakan KPU, pada Selasa, 12 Desember 2023 lalu.
Cakradata sebelumnya telah melakukan analisis digital untuk melihat pergerakan tren popularitas capres di dunia maya. Data percakapan yang digunakan diperoleh dari unggahan publik di media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya.
Hasilnya, Anies Baswedan menempati posisi tertinggi dengan total percakapan 72.211. Angka itu meningkat sebesar 48 persen dari periode 10-11 Desember 2023 yang hanya mencapai angka 48.642.
Dengan begitu, Anies menjadi capres dengan peningkatan tren popularitas digital tertinggi dibanding dua capres lainnya.
Foto: tangkapan layar data Cakradata
Tren engagement digital Anies Baswedan pada periode 10-11 Desember dan periode 12-13 Desember pukul 09.00 WIB juga mengalami peningkatan sebesar 67 persen, yaitu dari angka 881.188 naik menjadi 1.475.126.
Popularitas Digital Prabowo dan Ganjar
Peningkatan tren popularitas digital juga dialami oleh capres nomor urut 2
Prabowo Subianto, namun hanya sebesar 22 persen saja. Tercatat tren popularitas digital Prabowo naik dari angka 60.071 menjadi 73.424.
Sementara itu, capres nomor urut 3
Ganjar Pranowo justru mengalami penurunan tren popularitas digital setelah mengikuti debat perdana capres, dari angka 54.038 menjadi 36..376 atau sebanyak 32 persen.
Debat perdana capres 2024 telah digelar di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, pada Selasa, 12 Desember. Tema yang dibahas dalam debat ini antara lain hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id((SUR))