Komisioner Divisi Teknis Bidang Penyelenggaraan KPU Solo, Suryo Baruno
Komisioner Divisi Teknis Bidang Penyelenggaraan KPU Solo, Suryo Baruno

12 TPS di Solo Hitung Ulang Surat Suara

Pemilu kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Pythag Kurniati • 23 April 2019 12:59
Solo: Surat suara dari 12 tempat pemungutan suara (TPS) di Solo terpaksa dihitung ulang. Penghitungan ulang dilakukan karena terjadi perbedaan angka antara petugas dengan beberapa saksi. Untuk membuktikan, kotak suara yang sudah disegel dibuka kembali dan dihitung ulang.
 
Komisioner Divisi Teknis Bidang Penyelenggaraan KPU Surakarta, Suryo Baruno, memastikan perbedaan angka terjadi karena kesalahan teknis. "Petugas di TPS membuat salinan dengan menulis manual, makanya bisa terjadi human error," katanya, Selasa, 23 April 2019.
 
Menurutnya, di beberapa tempat telah melakukan proses penyalinan dengan menggunakan alat fotokopi. Dengan demikian, petugas tidak perlu menulis ulang dan tidak terjadi salah tulis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suryo mengatakan kasus tersebut biasa terjadi untuk penghitungan suara Pileg. Sedangkan untuk Pilpres, menurutnya belum ditemukan kesalahan.
 
Beberapa kesalahan yang kerap terjadi ialah ketika pemilih mencoblos gambar parpol plus nama caleg. "Harusnya dihitung satu, tapi petugas menghitung dua, makanya tidak cocok dengan jumlah DPT," ujarnya.
 
Selain melakukan rekapitulasi penghitungan suara, KPU juga memasukkan hasil pemilu di tiap TPS ke Data Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng). Petugas mengunggah scan form C1 dan hasil penghitungan suara.
 
"Data ini hanya untuk gambaran saja. Nanti yang digunakan tetap hasil rekapitulasi suara," tutupnya.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif