Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

2 TPS di Sleman Pungut Suara Ulang

Pemilu kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Patricia Vicka • 23 April 2019 12:05
Yogyakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sleman akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di 2 tempat pemungutan suara (TPS). PSU akan digelar pada Rabu, 24 April 2019.
 
Komisioner Bidang Hukum KPU Sleman Ahmad Bhaeqi mengatakan PSU akan dilakukan di TPS 52 di daerah Caturtunggal, Kecamatan Depok dan TPS 3 di Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan.
 
"PSU ini sesuai dengan surat rekomendasi dari Bawaslu Sleman yang kami terima dua hari lalu," jelas Ahmad pada Medcom.id di Yogyakarta, Selasa 23 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemungutan suara ulang dilakukan karena adanya pemilih yang tidak tinggal di sekitar TPS yang mencoblos. Pemilih tersebut mencoblos dengan hanya dengan menggunakan KTP elektronik.
 
"Di Caturtunggal ada sekitar 22 orang. di Argomulyo ada 2 orang yang bukan warga sana tapi bisa mencoblos hanya dengan menggunakan KTP-el,"jelasnya.
 
KPU sudah mengirimkan surat pemberitahuan pencoblosan ulang kepada seluruh warga yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih tetap tambahan (Dptb). Logistik PSU juga sudah dikirimkan ke lokasi PSU. Warga yang mencoblos ulang dari dua TPS berjumlah sekitar 550 orang.
 
"Surat suara kami yang tersisa masih mencukupi untuk pencoblosan ulang. Petugas sudah siap untuk melakukan PSU," tegas Ahmad.
 
Selain PSU, Bawaslu Sleman turut merekomendasikan adanya pemungutan suara lanjutan (PSL) di 9 TPS yang berada di desa Catur Tunggal dan Maguwoharjo. PSL dilakukan lantaran banyak warga pemegang A5 atau yang tercantum dalam DPTb tidak bisa mencoblos.
 
Namun Ahmad menambahkan pihaknya masih mengkaji rekomendasi PSL tersebut. Pasalnya belum ada peraturan atau undang-undang yang menjadi landasan hukum pelaksanaan PSL.
 
"PSL masih kami kajian dan tunggu keputusan dari KPU DIY,"pungkasnya.
 
Ketua Bawaslu Sleman Karim Mustofa mengatakan pemungutan suara ulang di 2 TPS hanya dilakukan pada surat suara capres dan cawapres.
 
"Akan diselenggarakan besok pukul 07.00- 13.00 WIB," kata Karim.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif