Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj--Medcom.id/Muhammad Al Hasan.
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj--Medcom.id/Muhammad Al Hasan.

Kiai Said Tegaskan NU Tak Berpolitik

Pemilu amien rais pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Whisnu Mardiansyah • 22 November 2018 14:43
Jakarta: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj menegaskan sikap NU netral dalam kontestasi Pilpres 2019. Komitmen itu tetap dipegang teguh meski ada pihak yang mencoba menarik NU ke pusaran politik praktis.
 
"Kalau saya tegas NU tidak berpolitik. Adapun warga NU yang akan menggunakan hak politiknya silakan," tegas Said di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis, 22 November 2018.
 
Terkait ucapan Amien Rais yang mengancam Ketua Umum PP Muhamadiyah Haedar Nasir untuk bersikap di Pilpres 2019, Said enggan berkomentar banyak. Menurutnya, itu hak individu dan internal Muhammadiyah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu urusan Amien Rais dan Muhammdiyah," tuturnya.
 
Baca: Amien Rais Dianggap Lupa Khitah Muhammadiyah
 
Sebelumnya, Amien Rais mengungkapkan ketidaksetujuannya terkait sikap Haedar Nashir yang membebaskan kader Muhammadiyah menentukan sikap pada Pilpres 2019. Amien menyatakan bakal menjewer Haedar jika benar membuat kebijakan demikian.
 
"Di tahun politik, tidak boleh seorang Haedar Nashir memilih menyerahkan ke kader untuk menentukan sikapnya di Pilpres. Kalau sampai seperti itu akan saya jewer," kata Amien di sela Tabligh Akbar dan Resepsi Milad ke-106 Masehi Muhammadiyah di Islamic Center Surabaya, Selasa, 20 November 2018.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi