Prabowo Dianggap hanya Umbar Ketakutan, tanpa Solusi
Abdul Kadir Karding--Medcom.id/Faisal Abdalla.
Jakarta:Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subanto memprediksi air laut menggenangi daratan Jakarta pada 2025. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding, mempertanyakan solusi Prabowo soal kekhawatiran itu.

"Yang dibutuhkan apa solusinya?" kata Karding, Kamis, 22 November 2018.


Menurut Karding, apa yang disampaikan Prabowo merupakan data yang menunjukkan akibat perubahan iklim dan perusakan lingkungan. Faktanya, kata dia, daratan Jakarta memang terjadi penurunan 10 centimeter setiap tahun.

"Sebenarnya Pak Prabowo tidak perlu mengumbar pesimisme dan ketakutan di tengah-tengah masyarakat," ungkap Ketua DPP PKB itu.

Baca: Anies Sanggah Prediksi Prabowo

Karding mengatakan, pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mencari akal guna mengantisipasi akibat terburuk dari perubahan iklim. Khususnya, nasib daratan Jakarta di masa mendatang. "Tentu kita gunakan teknologi ke depan untuk menyelesaikan solusi-solusi tersebut," ujarnya.

Namun, bagi Karding, kekhawatiran Prabowo ini juga menjadi peringatan untuk semua untuk memperhatikan lingkungan. Mengelola pembangunan tidak boleh mengabaikan keberadaan lingkungan.

"Bangsa ini harus memperbaiki paradigma kebiasaan hidup yag menjaga lingkungan kita menjadi baik. Itu saya kira pesan positif dari data tersebut‎," ujarnya.



(YDH)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id