Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. Medcom.id
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. Medcom.id

KPU Bakal Rekap Sembilan Provinsi Hari Ini

Pemilu kpu rekapitulasi suara
Faisal Abdalla • 14 Mei 2019 07:09
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melanjutkan proses rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara Pemilu 2019. KPU mengaggendakan rekapitulasi untuk sembilan provinsi hari ini.
 
"Perlu kami sampaikan ada sembilan provinsi yang berada di Jakarta pagi ini" kata Ketua KPU Arief Budiman saat menutup rapat pleno terbuka rekapitulasi nasional hasil pemilu di Gedung KPU Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019 dini hari.
 
Arief mengatakan rekap hari ini rencananya akan dimulai pukul 10.00 pagi. Adapun sembilan Provinsi yang dimaksud Arief adalah Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jambi, Sumatera Selatan, Kepualauan Riau, Banten, Sumatera Barat dan Sulawesi Tenggara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rekap nasional hari ini akan dibagi ke sesi pagi dan sesi siang. Rekap di setiap sesinya akan dibagi lagi ke dalam dua panel.
 
Provinsi yang akan direkap di sesi pagi adalah Jawa Timur, Sulteng, NTT, dan Jambi. Sementara sesi siang dilanjutkan rekap untuk provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Banten, Kepualauan Riau, dan Sulawesi Tenggara.
 
"Sesi siang akan berurutan setelah sesi pagi selesai, kemudian akan dilanjutkan provinsi yang tiba siang sampai sore. Akan kita lanjutkan sampai malam," ujar Arief.
 
Provinsi yang akan direkap KPU hari ini tergolong provinsi besar karena memiliki lebih dari satu daerah pemilihan (dapil). Provinsi Jawa Timur bahkan memiliki 11 dapil. Selain itu, Provinsi Banten memiliki tiga dapil, serta Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan NTT masing-masing memiliki dua dapil.
 
KPU sejauh ini telah menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan suara di 14 provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Maluku Utara, Lampung, Kaltim, DIY, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bengkulu, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali dan Bangka Belitung. Dengan demikian, masih ada 20 Provinsi lagi yang harus direkap dan ditetapkan KPU.
 
Seperti diketahui, kandidat terpilih pada Pemilu 2019 akan ditentukan berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara dari formulir C1 yang dilakukan secara manual dan berjenjang, mulai dari tingkat TPS, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Hasil itu baru akan diumumkan KPU selambat-lambatnya Rabu, 22 Mei 2019.
 

(NUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif