Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Hasil PSU di Sumenep, Jokowi-Ma’ruf Menang Telak

Pemilu kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Rahmatullah • 23 April 2019 18:28
Sumenep: Penghitungan hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 3 Desa Masalima, Kecamatan (Pulau) Masalembu, Jawa Timur, sudah tuntas. Pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin menang telak atas Prabowo-Sandi. Jokowi-Ma'ruf itu mendapatkan suara sebanyak 80, sedangkan pesaingnya nomor urut 02 hanya mampu meraup suara sebanyak 30.
 
“Sebanyak 123 pemilih hadir di TPS untuk memberikan hak pilihnya,” kata komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa, Selasa, 23 April 2019.
 
Malik membenarkan suara Jokowi-Ma’ruf melebihi Prabowo-Sandi. Dia juga mengatakan suara tidak sebanyak 13 kertas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Ketua Panwaslu Kecamatan Masalembu, Nurul Hidayati, menegaskan PSU di satu TPS itu berjalan sesuai harapan. Dia menegaskan tidak ada dugaan pelanggaran apa pun yang terjadi, sehingga pemilihan ulang itu sejak awal hingga penghitungan berjalan lancar dan aman.
 
“Saya bersyukur PSU berjalan lancar. Insyaallah tidak ada dugaan pelanggaran,” terangnya.
 
Bawaslu Sumenep merekomendasikan pemilihan ulang di TPS 3 Desa Masalima itu lantaran surat suara diduga dicoblos duluan. Hanya surat suara untuk DPD saja yang ditemukan dalam keadaan utuh. Hingga kini, Bawaslu Sumenep masih mencari bukti adanya dugaan pelanggaran itu.
 
Surat suara yang diduga sudah dicoblos antara lain untuk DPRD Provinsi Jawa Timur 68 kertas, DPR RI 59 kertas, DPRD Sumenep 69 kertas, dan untuk Pilpres 70 kertas. Jadi total surat suara yang diduga ditemukan dalam keadalam bolong sebanyak 266 kertas.
 


 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif