Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Tim Medis Disiagakan Antisipasi Petugas KPPS yang Kelelahan

Pemilu kpu pileg pemilu serentak 2019
Octavianus Dwi Sutrisno • 23 April 2019 12:40
Depok: Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, menyiapkan sejumlah tim medis di setiap kecamatan. Petugas medis bertugas mengecek kesehatan tiap petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan aparat keamanan.
 
"Dari awal kami sudah menyiapkan tim medis. Apalagi kita banyak dengar berita-berita di daerah bahkan sampai ada yang meninggal dunia," kata Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna saat meninjau langsung salah satu lokasi rekapitulasi suara di Kecamatan Beji, Depok, Senin 22 April 2019.
 
Dia menuturkan, pihaknya juga menyediakan ambulans, obat-obatan, dan vitamin untuk petugas keamanan dan KPPS di setiap kecamatan. Pradi mengaku, jika ditemukan petugas keamanan dan KPPS yang harus dirawat segera dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kami siagakan di setiap kecamatan. Sementara yang kami terima laporan pusing kelelahan, kalau dirawat belum. Untuk biaya kami (Pemkot Depok) yang tanggung," bebernya.
 
Baca:12 Petugas KPPS di Jabar Meninggal Saat Pemilu
 
Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana, mengakui anggotanya banyak yang mengalami kelelahan fisik. Akibatnya, kata dia, kinerja petugas menurun.
 
"Kami apresiasilah langkahnya Pemkot merespon situasi ini. Di 11 kecamatan ini semua kelelahan, hampir merata. Sudah mulai bertumbangan," jelasnya.
 
Keluhan sakit yang dialami oleh petugas KPPS antara lain flu, radang dan darah rendah. Diduga, mereka mengalami kelelahan karena merekap penghitungan suara hingga larut malam.
 
"Respon seperti ini yang kita butuhkan agar jajaran Bawaslu dan KPU bisa melaksanakan rekapitulasi ini secara fit," bebernya.
 
Baca:Jokowi: Petugas KPPS yang Gugur Pejuang Demokrasi
 
Selain mengatisipasi dengan menyediakan petugas medis. Bawaslu pun akan me-rolling petugas jaga. Kelak, petugas akan saling bergantian berjaga.
 
"Segala macam upaya kita usahakan agar tugas tetap terlaksana namun tidak ingin mengorbankan personel. Kita juga turunkan staf Bawalu kota ke tingkat kecamatan," tandasnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif