Ilustrasi bepergian dengan sepeda motor. Suzuki
Ilustrasi bepergian dengan sepeda motor. Suzuki

Safety Riding

Tips Penting Bagi Pemudik dengan Sepeda Motor, Cek Nomor 7

Otomotif Mudik Lebaran tips motor safety riding tips otomotif Suzuki Motor Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
Ekawan Raharja • 30 April 2022 09:00
Jakarta: Pemerintah sudah menganjurkan kepada para pemudik untuk menghindari pergi ke kampung halaman dengan sepeda motor. Meski demikian, masih ada saja masyarakat yang tetap mudik dengan sepeda motor karena berbagai alasan.
 
Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi, menyebutkan mudik menggunakan sepeda motor memang harus ekstra hati-hati karena menyangkut faktor keamanan. Dia pun kemudian membagikan sejumlah tips yang dikhususkan bagi para pemudik dengan sepeda motor.

1. Kelengkapan SIM dan STNK

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Tanda Mengemudi) C yang masih berlaku. Surat-surat tersebut membuktikan legalitas administratif kendaraan dan bukti bahwa Anda telah memenuhi syarat mengemudikan sepeda motor.

2. Gunakan Helm SNI

Selain kelengkapan SIM dan STNK, pengendara juga harus memastikan bahwa helm yang digunakan sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan di Indonesia. Hal tersebut dapat dipastikan dari tulisan/logo SNI yang ada di helm, tali pengikat helm yang sistem penguncinya berfungsi, dan kaca helm yang bersih dan jernih.

3. Jas Hujan dan Alat-alat Motor

Saat ini cuaca sangat tidak bisa ditebak, maka dari itu Anda wajib membawa jas hujan sebagai persiapan menghadapi hujan. Selain jas hujan, Tool kit motor juga harus dibawa terus kemanapun Anda pergi, seperti obeng, kunci busi, kunci pas, dan lain-lain.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif