Rantai motor perlu perawatan ekstra saat musim hujan. Medcom.id/Ekawan Raharja
Rantai motor perlu perawatan ekstra saat musim hujan. Medcom.id/Ekawan Raharja

Perawatan Kendaraan

Pentingnya Perawatan Berkala Rantai Motor

Otomotif tips motor perawatan kendaraan
M. Bagus Rachmanto • 15 Agustus 2020 13:44
Jakarta: Saat musim hujan, rantai sepeda motor perlu perawatan ekstra. Sebab air hujan yang mengandung zat asam akan membuat rantai motor cepat berkarat dan biasanya muncul suara-suara aneh di bagian rantai.
 
Menurut Yosi yang buka bengkel Bangbrand di Pondok Timur Indah, Bekasi Timur, Jawa Barat, rantai motor yang berkarat membuat performa motor kurang optimal. Bagian terburuk bisa menyebabkan rantai putus. Ini disebabkan perawatan di rantai dan gir motor yang kurang.
 
"Untuk mencegah hal tersebut, lakukan perawatan secara berkala minimal 3-4 bulan sekali. Membersihkan rantai dan gir motor dengan cara dilepas kemudian cuci menggunakan bensin atau air sabun," ujar Yosi kepada medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perawatan lain dengan melumasi rantai secara berkala. Kondisi rantai yang kering membuat daya tahan semakin berkurang dan rantai cepat kendur. “Jika melumasi rantai menggunakan oli usahakan pakai oli baru. Selain itu, usahakan pakai oli encer seperti SAE 10-15 atau dengan pelumas yang telah direkomendasikan agar rantai dan gir lebih awet," tambah Yosi.
 
Ekstra perawatan harus dilakukan saat musim hujan. Sebab, air hujan dan kotoran cenderung mempercepat usia pakai rantai dan gir. Penyetelan ketegangan rantai juga harus pas, karena akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Selain itu, setelan rantai yang terlalu kencang akan membuat rantai cepat renggang.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif