Ada teknik yang harus diterapkan para pengendara sepeda motor kopling ketika melewati tanjakan. Yamaha
Ada teknik yang harus diterapkan para pengendara sepeda motor kopling ketika melewati tanjakan. Yamaha

Safety Riding

Teknik Melibas Tanjakan dengan Motor Kopling

Otomotif safety riding
Ekawan Raharja • 01 Oktober 2020 18:25

2. Jangan Tambah Gigi Saat Motor Sudah Menanjak

Mungkin berpikir kalau menggunakan gigi yang tinggi untuk menanjak adalah pilihan yang tepat. Padahal ini malah berlaku sebaliknya.
 
Menaikkan gigi saat motor sudah berada di tengah-tengah tanjakan sangat tidak direkomendasikan. Karena selain dapat membuat kendaraan berat, alih-alih motor bergerak maju malah bisa saja mogok dan alhasil motor bisa pun tergelincir mundur.

3. Perhatikan Teknik Pengereman

Hindari menggunakan rem tangan yang berfungsi untuk menghentikan laju ban depan. Sebagai gantinya bisa menggunakan teknik pengereman ban belakang untuk menghentikan motor saat berada di tengah-tengah tanjakan. Rem belakang berfungsi untuk menahan motor agar tidak berjalan mundur atau tergelincir.

4. Jangan Mendahului Kendaraan Lain

Saat melintasi jalanan menanjak, perlu diketahui terdapat blind spot di ujung tanjakan sehingga tidak bisa melihat kedatangan kendaraan lain dari arah yang berlawanan. Nah, di situasi seperti ini sangat rentan terjadi kecelakaan jika kamu memaksakan diri untuk menyalip kendaraan yang ada di depan.
 
Kurang lebih seperti itu teknik mengendarai motor kopling ketika melewati jalan yang menanjak. Apakah Anda sudah menerapkan hal ini selama berkendara?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif