Ilustrasi perawatan mobil di rumah. Honda
Ilustrasi perawatan mobil di rumah. Honda

Perawatan Kendaraan

4 Langkah Mudah Mengecek Mobil Di Rumah

Ekawan Raharja • 12 Desember 2021 17:00
Jakarta: Mengecek kondisi mobil bisa dilakukan oleh pemiliknya meski sedang di rumah saja. Bagian-bagian yang harus di cek pun tidak hanya sehingga pemilik mobil sebaiknya memahami bagaimana cara sederhana mengecek kondisi mobil kesayangan.
 
Mengecek kondisi mobil perlu dilakukan untuk membantu memastikan mobil tetap prima untuk dikendarai sehari-hari. Honda melalui situs resminya kemudian membagikan 4 langkah mudah mengecek kondisi mobil di rumah.
 

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi meringankan kinerja mesin mobil dengan memberi pelumasan yang cukup guna mengurangi gaya gesek antar komponen. Untuk mengecek kondisi oli, keluarkan stik oli (dipstick) dari wadahnya dan periksa level ketinggian oli di ujung stik.
 
Pastikan oli mesin berada di antara batas low dan high, dan perhatikan warnanya. Oli mesin yang masih bagus memiliki warna kecoklatan, sedangkan oli yang sudah lama digunakan cenderung berwarna agak hitam pekat. Pastikan Anda rutin mengganti oli mesin sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang terdapat pada buku petunjuk kendaraan.
 

2. Ban Mobil

Hal lainnya yang harus diperiksa adalah keempat ban mobil Anda. Pastikan permukaannya tidak gundul dan tidak ada tekstur yang retak atau benjol. Perhatikan juga indikator Tread Wear Indicator (TWI), yakni berupa garis pembatas yang ada di sela-sela ulir ban.
 
Halaman Selanjutnya
  Apabila permukaan ban sudah…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif