} //}, false ); } catch (err) { console.log('adsLoader', err) } };
Kondisi jalan tol. ANT/Risky Andrianto.
Kondisi jalan tol. ANT/Risky Andrianto.

Tips Otomotif

Panduan Buat Sopir Truk Hadapi Tugas Natal & Tahun Baru

Ekawan Raharja • 27 Desember 2021 09:00
Jakarta: Ketiadaan pembatasan mobilitas masyarakat di momen Natal dan tahun baru membuat bisnis logistik serta transportasi terus berjalan. Oleh sebab itu, para sopir diharapkan harus menghadapi perjalanan dengan aman serta nyaman.
 
Hankook menjelaskan kondisi lalu lintas di akhir tahun umumnya lebih ramai dari biasanya, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya. Ada beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk bisa terus berkendara secara aman dan nyaman sampai tujuan, khususnya untuk para pemilik dan pengemudi kendaraan niaga yang akan melakukan perjalanan jauh lintas provinsi dan pulau pada periode liburan ini;

Istirahat yang Cukup 

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) menemukan bahwa, di tahun 2009 hingga 2013, dari total 72 ribu kecelakaan yang berakibat pada sekitar 44 ribu korban cedera dan 800 kematian diakibatkan oleh pengemudi yang kelelahan. Dalam hal ini para pengemudi disarankan untuk melakukan perencanaan perjalanan, sehingga waktu yang terbagi untuk mengemudi dan beristirahat menjadi lebih seimbang dan teratur. Serta menjadi lebih efektif untuk menghindari mengemudi dalam keadaan mengantuk.

Menjaga Kestabilan Kecepatan

Saat berkendara dengan kecepatan yang stabil dan dalam batas aman, otomatis para pengemudi mengendalikan jarak antar kendaraan dengan baik, dan bisa berjaga-jaga jika ada pengendara lain yang melakukan pengereman mendadak. Jarak yang lebih besar antara kendaraan dan mobil di depan juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan beruntun, yang dapat membahayakan nyawa banyak pengendara.
 
Dikutip dari sebuah artikel oleh majalah Automotive Fleet Magazine, untuk setiap satu persen terjadinya peningkatan kecepatan, maka peluang kecelakaan pengemudi meningkat menjadi dua persen, kemungkinan cedera serius meningkat hingga tiga persen, dan kemungkinan fatal seperti kematian meningkat sekitar 4 persen. 
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif