Jangan biarkan air terkena komponen yang terkait kelistrikan ketika membersihkan ruang mesin. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jangan biarkan air terkena komponen yang terkait kelistrikan ketika membersihkan ruang mesin. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tips Knowledge

5 Langkah Mudah Membersihkan Mesin Mobil agar Lebih Terawat

Otomotif tips mobil perawatan kendaraan
M. Bagus Rachmanto • 18 Agustus 2020 12:15
Jakarta: Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuat awet mesin adalah dengan membersihkan ruang mesin. Nah bagi Anda yang ingin ruang mesin mobil kesayangan selalu klimis dan mencegah berbagai komponen mesin dari kerusakan seperti karatan, kerak, atau debu-debu yang bisa masuk ke dalam mesin.
 
Namun perlu diketahui, membersihkan ruang mesin mobil agar tetap kinclong dan bersih dibutuhkan kehati-hatian dan ketepatan, karena di dalam ruang mesin mobil ada beberapa komponen yang tidak boleh terkena air seperti kabel, aki, hingga berbagai sensor. Pasalnya, bila salah teknik efeknya malah merusak komponen kelistrikan atau terjadi korsleting bagian-bagian yang sensitif. Berikut ulasannya seperti ditulis Mobil88.
 
Hangatkan Mesin Mobil Anda
Pastikan mesin mobil dalam tidak panas dan apabila mesin masih dingin, kalau bisa di hangatkan saja dulu. Kondisi yang hangat akan memudahkan Anda dalam mengangkat dan membersihkan kerak yang menempel pada mesin mobil Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tutup Bagian Pengapian Mesin
Setelah mesin dalam keadaan hangat, tutup bagian-bagian pengapian pada mesin seperti distributor/delco, altenator, dinamo stater, kabel-kabel busi serta sistem elektronik mesin. Bagian-bagian pengapian tersebut dapat ditutup dengan menggunakan lembaran kantong plastik, yang kemudian diikat dengan karet gelang atau isolasi untuk menghindari air yang dapat masuk. Anda harus memastikan air tidak masuk pada bagian-bagian ini untuk menghindari hubungan arus pendek pada komponen yang mengandung listrik.
 
 
Halaman Selanjutnya
Cek Tutup Oli dan Tongkat…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif