Ilustrasi. Suzuki
Ilustrasi. Suzuki

Safety Driving

Panduan Posisi Berkendara yang Aman & Nyaman Selama Perjalanan

Ekawan Raharja • 12 Oktober 2021 16:00
Jakarta: Mengemudi mobil merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan dapat mempermudah mobilitas. Meski begitu, kita tetap harus memperhatikan posisi berkendara yang ergonomis dengan mengatur posisi duduk yang benar, nyaman, dan aman. Sehingga dapat meningkatkan konsentrasi, mengurangi keletihan, bahkan menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.
 
Asst To Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi, menyebutkan berkendara harus diimbangi dengan peregangan otot dan postur tubuh yang benar. Terlebih untuk mengemudi dalam perjalanan jarak jauh membuat pengemudi harus memperhatikan dengan seksama mengenai posisi mengemudi yang aman dan nyaman.
 
"Saat mengemudi, terutama jarak jauh, memang membutuhkan kenyamanan tapi pengendara juga tidak boleh mengesampingkan keamanan. Menjaga kenyamanan saat berkendara dilakukan agar tubuh tetap rileks dan tidak cepat lelah, sehingga dapat menghindari kecelakaan. Namun apabila terjadi kerusakan atau terdapat bagian yang membuat pengendara kurang nyaman, kami mengimbau untuk melakukan pengecekan dan perawatan di bengkel resmi,” terang Hariadi melalui keterangan resminya.
 
Hariadi kemudian membagikan kiat mengenai cara mendapatkan posisi mengemudi yang aman dan nyaman:
 
1. Posisi Duduk
Sebelum memulai perjalanan, pengemudi harus mengatur posisi kursi mobil. Posisi duduk yang benar adalah badan tegak dan membentuk sudut 100 derajat.
 
Caranya dengan mengatur posisi sandaran kursi agar berada pada posisi yang tepat namun tetap rileks, serta pastikan posisi tangan dan kaki tetap bebas bergerak ketika berkendara. Letakkan punggung menempel dengan sandaran jok atau back rest agar tidak mudah letih.
 
Halaman Selanjutnya
  Selain itu, perhatikan juga…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif