Hujan deras membuat Jalan Swadarma, Ulujami, Kecamatan Pesanggaran, Jakarta Selatan, tergenang banjir, Kamis, 4 November 2021. Medcom.id/Wijokongko
Hujan deras membuat Jalan Swadarma, Ulujami, Kecamatan Pesanggaran, Jakarta Selatan, tergenang banjir, Kamis, 4 November 2021. Medcom.id/Wijokongko

Tips Otomotif

Mobil Terpaksa Menerjang Banjir, Ini Tekniknya

Ekawan Raharja • 08 November 2021 10:00
Jakarta: Sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di DKI Jakarta, mulai terkena banjir dan diharapkan para pengemudi mobil mencari jalur alternatif apabila menemukan banjir. Meski demikian, ada juga momen-momen darurat yang mengharuskan para pengemudi untuk menerjang banjir.
 
Ketika melintasi banjir, para pengemudi harus hati-hati dan mengetahui bagaimana teknik yang tepat. Auto2000 kemudian membagikan sejumlah teknik yang bisa pengemudi lakukan untuk meminimalisir kerusakan akibat menerjang banjir.
 

1. Perhatikan Tinggi Genangan Air

Tinggi genangan air yang aman maksimal setengah dari tinggi ban mobil lantaran ketinggian air masih di bawah intake mesin, aki, dan sistem kelistrikan di ruang mesin. Bersabarlah dan perhatikan mobil lain yang menerjang banjir. Lebih baik lagi kalau ada mobil serupa sehingga bisa dijadikan patokan.
 
Patokan lainnya adalah pembatas jalan di tengah atau trotoar. Kalau masih terlihat, artinya aman untuk dilewati. Namun bila sudah tidak terlihat, cobalah pastikan seberapa tinggi genangan sebelum dilalui.
 

2. Pilih Jalur Paling Tepat

Tentukan jalur yang ingin dilewati dengan memilih genangan yang paling rendah serta bebas dari hambatan seperti polisi tidur, jalan rusak, atau lainnya. Ini bisa dilihat dari pergerakan mobil lain di lokasi banjir. Jangan terlalu ke tepi karena ada risiko turun ke bahu jalan yang rendah atau bahkan masuk ke dalam lubang parit. Hati-hati jangan terlalu ke tengah karena bisa terantuk pembatas jalan atau masuk ke jalur mobil dari arah berlawanan.
 
Halaman Selanjutnya
  Untuk jalan yang terdiri…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif