Berkendara sepeda motor saat hujan. Yamaha
Berkendara sepeda motor saat hujan. Yamaha

Safety Riding

Masuk Ke Musim Hujan, Siapkan Kondisi Badan & Gaya Berkendara

Ekawan Raharja • 28 Oktober 2021 15:00
Jakarta: Musim hujan sudah mulai memasuki sejumlah daerah di Indonesia dengan intensitas yang beragam. Berkendara sepeda motor di tengah guyuran hujan tentu akan lebih menantang dan harus lebih berhati-hati selama perjalanan, serta terapkan safety riding.
 
Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers, Wiranata P Ilahi, menjelaskan pengendara sepeda motor harus meningkatkan kewaspadaannya untuk menjaga keselamatan berkendara. Bahkan dia menekankan kepada para pengendara sepeda motor untuk mempersiapkan diri dan gaya berkendara untuk menghadapi hujan.
 
”Mengendarai sepeda motor saat hujan membuat pengendara perlu memperhatikan beberapa hal yang mendukung keselamatan berkendara bersama. Dengan tantangan berbeda yang dihadapi ketika hujan, kami memberikan tips yang dapat diterapkan untuk kelancaran aktivitas berkendara,” papar Wiranata melalui keterangan resminya.
 

1. Persiapan Diri

Sebelum keluar saat hujan, cek kondisi badan terlebih dahulu. Sebaiknya berkendara saat kondisi tubuh fit, terutama saat musim hujan. Kondisi tubuh yang tidak fit akan mempengaruhi fokus saat berkendara dan lebih mudah sakit akibat cuaca yang kurang mendukung.
 

2. Lampu Sepeda Motor 

Fungsi lampu sepeda motor yang hidup saat musim hujan bertujuan agar pengendara dapat melihat jalan dengan jelas dalam kondisi hujan dan jalan yang tergenang air. Tidak hanya lampu depan yang menyala melainkan lampu belakang pun wajib untuk hidup, terutama saat lebatnya hujan yang turun. Dengan adanya lampu belakang yang hidup ikut memberikan tanda kepada pengendara lain jika terdapat kendaraan di depannya.
 
 

3. Gaya Berkendara

Gaya berkendara saat hujan berbeda dengan gaya berkendara saat kondisi normal. Saat hujan, resiko kecelakaan berkendara lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara terutama saat melakukan pengereman.
 
Jadi lakukan pengereman dengan halus dan perlahan. Kemudian lakukan buka tutup gas yang lebih halus dan perhatikan kondisi sekitar.
 

4. Jas Hujan

Selain melindungi tubuh dari hujan, fungsi jas hujan dapat mengurangi rasa dingin dan dapat menjaga tas serta barang bawaan terhindar dari hujan. Disarankan para pengendara menggunakan jas hujan jenis setelan.
 
Tidak disarankan menggunakan jas hujan jenis ponco karena dikhawatirkan akan tersangkut di bagian rantai atau roda sepeda motor. Selain itu gunakan helm dengan visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara.
 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif