Jangan pernah meninggalkan anak di dalam mobil sendirian. Auto2000
Jangan pernah meninggalkan anak di dalam mobil sendirian. Auto2000

Tips Otomotif

Bahaya Meninggalkan Anak Di Dalam Mobil

Ekawan Raharja • 09 Maret 2022 10:00
Jakarta: Bepergian dengan anak bisa menjadi salah satu momen perjalanan yang menyenangkan. Tentu saja para orang dewasa yang turut serta selama perjalanan harus memperhatikan kondisi anak, termasuk jangan sampai ditinggal di dalam mobil.
 
Auto2000 menyebutkan meninggalkan anak di mobil dapat menyebabkan hal buruk dan bisa berujung tragis. Mereka juga menyebutkan sejumlah resiko yang bisa ditimbulkan apabila membiarkan anak di dalam mobil sendirian.

1. Dehidrasi dan Kesulitan Bernapas 

Dengan alasan keamanan, orang tua akan meninggalkan buah hatinya di dalam mobil dengan kaca tertutup dan pintu terkunci. Kondisi ini sangat berbahaya kalau dilakukan saat cuaca di luar panas karena anak akan merasa kepanasan dan memicu dehidrasi. 
 
Efeknya yang bisa ditimbulkan karena berada di ruang tertutup adalah anak akan mengalami kesulitan bernapas. Semakin menyulitkan jika anak merasa gelisah karena ditinggal sendirian. 

2. Keracunan Gas Buang Mobil 

Orang tua akan menyalakan pendingin ruang atau AC agar kabin mobil tetap sejuk. Masalah baru adalah anak bisa keracunan gas buang kendaraan Carbon Monoksida (CO) yang tidak terlihat oleh mata dan tidak meninggalkan bau.
 

Gejala keracunan gas ini sulit disadari seperti badan lemas, mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, sakit pada dada, dan berhalusinasi. Hanya berlangsung beberapa menit, korban akan pingsan bahkan sering berakibat fatal. 

3. Bermain dengan Fitur Mobil 

Hal lain yang dikhawatirkan dari meninggalkan anak di dalam mobil adalah keinginan mereka untuk bermain dengan fitur yang ada di dalam mobil. Sangat berbahaya jika anak bermain dengan power window, bahkan kalau sampai berhasil memindahkan tuas transmisi dan menginjak pedal gas padahal mesin mobil dinyalakan karena AC harus beroperasi. 

4. Resiko Kejahatan

Buah hati yang ditinggal sendirian di dalam mobil sangat rawan menjadi korban kejahatan. Seperti orang lain yang melihat potensi untuk mengambil barang berharga di dalam mobil, bahkan mobil itu sendiri yang dicuri. Kalau sudah begini, niat awal hanya ingin praktis dan tidak repot malah akan menimbulkan masalah baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dengan alasan apapun, jangan pernah meninggalkan anak kesayangan di dalam mobil tanpa penjagaan orang dewasa. Lindungi buah hati Anda dan pastikan  selalu merasa nyaman sebagai penumpang di dalam mobil," ungkap Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000, Cahaya Fitri Tantriani, melalui keterangan resminya.
 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif