Ilustrasi. Pertamina
Ilustrasi. Pertamina

Tips Otomotif

Gonta-Ganti BBM Bikin Performa Mesin Turun

Otomotif Pertamina BBM tips mobil tips motor tips otomotif mesin motor Mesin Mobil
Ekawan Raharja • 14 Mei 2022 19:41
Jakarta: Bahan bakar minyak (BBM) merupakan hal penting bagi mesin kendaraan. Bagi yang suka gonta-ganti bbm ini jelas akan membuat kinerja mesin terganggu.
 
Menurut situs resmi Pertamina, saat ini terdapat dua jenis bahan bakar yang sering digunakan oleh para pengendara yaitu Pertalite dan Pertamax. Kedua BBM ini memiliki perbedaan pada kandungan angka oktan. Jika Pertalite memiliki angka oktan 90 sedangkan Pertamax memiliki angka oktan 92.
 
Perlu diketahui, bahwa setiap jenis mesin pada kendaraan memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Tidak selalu bahan bakar dengan oktan tinggi akan baik untuk mesin. Oleh karena itu, gunakan BBM yang sesuai dengan spesifikasi dari mesin pada kendaraan Anda.
 
Dan jangan sering melakukan penggantian atau pencampuran jenis BBM, karena akan memberikan dampak buruk pada mesin kendaraan. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan BBM yang sesuai dengan mesin kendaraan Anda serta jangan mencampur atau mengganti jenis BBM secara terus-menerus.
 
Turunnya kinerja mesin  disebabkan karena saat mesin kendaraan menggunakan BBM dengan angka yang sesuai lalu diganti dengan BBM yang angka oktannya berbeda, maka mesin akan menyesuaikan kembali kompresinya. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, maka kinerja mesin akan menurun dan konsumsi bahan bakar juga akan menjadi lebih boros.
 
Halaman Selanjutnya
  Jenis BBM yang berbeda…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif