Remaja pemotor berboncengan tiga tak menggunakan helm, terjatuh di jalur tol. Screen Shot Video Amatir
Remaja pemotor berboncengan tiga tak menggunakan helm, terjatuh di jalur tol. Screen Shot Video Amatir

Motor Masuk Tol

Tiga Remaja Bermotor Terjatuh di Tol, Ini Penyebabnya

Otomotif keselamatan berkendara safety driving safety riding
Ahmad Garuda • 31 Agustus 2020 18:04
Jakarta: Beberapa hari belakangan, merebak informasi soal sepeda masuk jalan tol. Namun sekarang lagi ramai soal tiga remaja yang berboncengan, terlihat masuk tol tanpa menggunakan perlengkapan berkendara seperti pelindung kepala hingga sarung tangan. Kondisi itu diperparah karena mereka terjatuh di ruas tol sebelah kiri.
 
Lalu apa penyebab mereka bisa masuk ke dalam ruas tol? Menurut keterangan yang diberikan oleh Founder dan Instruktur Safety Defensive Consulting Indonesia (SDCI), Sony Susmana, bahwa ada beberapa faktor penyebab pemotor yang disinyalir masih remaja tersebut, terjatuh di jalur dalam ruas tol.
 
"Ya kita runut dulu permasalahannya, yaitu pertama adalah mengapa motornya bisa masuk ke ruas tol. Alasannya adalah mereka biasanya tidak sadar masuk ke jalur tol. Karena beberapa ruas tol itu tidak disiapkan palang. Sehingga pemotor yang tidak memperhatikan rambu-rambu, secara otomatis bisa masuk ke ruas tol. Alasan lainnya adalah karena mungkin tergiring oleh kendaraan roda empat yang ingin masuk ke ruas tol, sementara posisinya berada di lajur paling kanan," klaim Sony.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya adalah soal penyebab Ia terjatuh. Sony mengklaim bahwa saat melihat potongan video tersebut, pemotor itu berada di jalur paling kanan. Dan sontak mengambil jalur ke kiri dengan maksud mungkin ingin ke sisi yang paling aman. Namun nahas tak bisa dihindari, Ia malah menyenggol mobil yang sedang berada di jalur kiri.
 
"Ya mungkin karena di saat mereka sadar bahwa salah jalur masuk ke tol, mereka pun langsung mengambil jalur kiri. Cuma memang di jalur tol ya memang harus waspada kalau sudah begini. Apalagi melihat tak ada pemotor lain, bisa jadi sangat panik dan tak sadar potensi bahaya di sekitarnya. Tentu penting untuk lebih memperhatikan rambu-rambu jalan agar tidak salah dalam berkendara."

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif