Tips Otomotif
10 Penyebab Lampu Sepeda Motor Melemah
Ekawan Raharja • 07 Januari 2021 11:00
Jakarta: Lampu merupakan komponen utama kendaraan yang berfungsi membantu visibilitas pengendara, khususnya di malam hari. Kondisi komponen penerangan ini harus diperhatikan dengan baik agar tidak menyebabkan masalah dan menjadi faktor kecelakaan di saat berkendara.
Mengingat lampu ini kerap digunakan, khususnya di sepeda motor yang selalu hidup, tentu apabila dicermati akan semakin meredup dari waktu ke waktu. Nah ketika lampu sudah mulai meredup, biasanya ada banyak penyebab lampu tidak berpijar dengan terang. Laman resmi Suzuki kemudian membagikan ada 10 penyebab lampu di sepeda motor melemah, diantaranya;
1. Kualitas Bohlam Lampu
Kualitas bohlam lampu sepeda motor dapat mempengaruhi terang atau redupnya sinar lampu. Pastikan bohlam sepeda motor sudah sesuai dengan standar pabrik yang biasa dipakai untuk jenis motor tersebut. Pakailah produk original untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Standar pabrikan lampu sepeda motor biasanya mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, maupun 55 watt 12 volt. Namun, apabila sepeda motor telah menggunakan lampu LED dan masih redup, jelas ini bukan kualitas lampu yang menjadi masalah redupnya lampu motor tersebut.
2. Mika Lampu atau Reflektor Buram
Sama halnya dengan produk elektronik maupun otomotif yang lain, mika lampu atau reflektor juga memiliki masa pakai. Jika masa pakai reflektor sepeda motor dirasa sudah habis atau sudah lama dipakai, maka sinar yang keluar dari lampu motor akan terlihat redup.
Masa pakai ini dapat dilihat dari umur sepeda motor. Semakin tua, mika lampu akan berubah menjadi semakin buram. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan harus mengganti reflektor tersebut. Pastikan suku cadang yang digunakan merupakan suku cadang original sesuai jenis motor.
3. Saklar Lampu Kotor
Saklar lampu merupakan komponen yang tidak kalah penting namun sering sekali dilupakan. Masalah yang terjadi pada saklar lampu sepeda motor dapat menjadi salah satu penyebab redupnya sinar yang dipancarkan lampu.
Masalah ini dapat timbul akibat masa pakai yang sudah lama dan kurang perawatan. Lamanya masa pemakaian dapat menyebabkan saklar kendor, sehingga sinar yang dihasilkan lampu tidak stabil dan menjadi terang-redup bergantian.
Selain itu, debu dan karat saklar lampu juga dapat menjadi pemicu redupnya sinar lampu karena arus listrik yang terhambat. Masalah saklar lampu ini tidak berpengaruh pada jenis motor keluaran terbaru. sepeda motor yang diproduksi pada saat ini menerapkan teknologi Automatic Headlight On (AHO), dimana teknologi ini membuat lampu motor dapat menyala sepanjang waktu tanpa saklar.
4. Soket Lampu Kendor
Soket lampu merupakan salah satu komponen penting pada lampu sepeda motor. Jika soket lampu ini kendor, maka arus listrik yang dihasilkan akan meluber ke mana-mana. Akibatnya, hanya sedikit arus listrik yang sampai pada lampu sepeda motor.
Soket lampu yang kendor membuat tegangan arus listrik yang dikirim ke lampu sepeda motor menjadi kurang maksimal. Hal ini membuat sinar lampu sepeda motor terlihat redup. Untuk mencegah hal ini, dapat melakukan servis rutin dengan melakukan pengecekan komponen ini.
5. Soket Lampu Karatan
Selain kendor, soket lampu yang karatan juga dapat menjadi penyebab lampu sepeda motor redup. Soket yang terbuat dari plat dapat berkarat seiring berjalannya waktu.
Ada banyak penyebab berkaratnya soket. Salah satu penyebab yang paling umum yaitu masuknya air hujan pada sela head cover motor.
Karat pada soket ini akan menjadi hambatan bagi arus listrik untuk sampai pada lampu. Karat di tengah arus listrik akan menghalangi tegangan yang akan disalurkan ke lampu sepeda motor. Akibatnya, lampu menjadi lebih redup. Apabila hal ini terjadi, maka harus segera mengganti soket lampu kuda besi.
6. Fitting Lampu Rusak
Tidak hanya soket, komponen berupa fitting lampu yang tidak layak pakai juga dapat menjadi penyebab redupnya lampu sepeda motor.
Fitting lampu yang rusak biasanya ditandai dengan terbakarnya dudukan lampu, di sekitar bagian tembaganya. Sedangkan bagian tembaga penting untuk menghantarkan listrik.
Dudukan lampu yang terbakar jelas akan mengganggu arus listrik lampu sehingga sinar lampu yang dihasilkan menjadi redup. Fitting lampu yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki untuk dipasang lagi. Di sini, Anda harus mengganti fitting lampu motor agar lampu dapat menyala secara lebih maksimal.
7. Baterai Lemah
Apabila jenis sepeda motor menggunakan sistem penerangan DC, kondisi baterai atau aki harus sangat diperhatikan. Aki merupakan pusat penyimpanan arus listrik kendaraan. Baterai atau aki inilah yang berfungsi untuk menyediakan sumber listrik, sehingga mesin kendaraan dapat dihidupkan.
Apabila aki lemah, maka seluruh sistem kelistrikan kendaraan pun ikut melemah. Sumber listrik yang bermasalah akan mengakibatkan sistem kelistrikan tidak dapat berfungsi sempurna.
Lampu sepeda motor dapat menyala karena adanya aliran listrik. Apabila aliran listrik dari sumbernya mengalami gangguan atau lemah, maka lampu pun akan bersinar redup.
Lain halnya jika jenis motor sepeda motor menggunakan sistem penerangan AC. Di sini, sumber arus penerangan yang digunakan berasal dari spull penerangan, sehingga aki tidak begitu berpengaruh.
8. Kiprok Lemah
Kiprok sepeda motor berfungsi untuk mengubah arus AC dari spull magnet menjadi DC. Kiprok dan spull merupakan komponen yang berfungsi untuk mengisi daya aki. Selain itu, dua komponen ini juga berfungsi sebagai penunjang sistem kelistrikan saat mesin hidup.
Kiprok berkaitan erat dengan aki kendaraan. Ketika kendaraan dihidupkan, baterai dan akilah yang berperan besar dalam menyediakan sumber listrik. Namun, ketika mesin kendaraan sudah hidup, maka pengisian listrik untuk menjalankan segala tugas kelistrikan diambil alih oleh kiprok.
Apabila komponen ini melemah atau mengalami suatu kerusakan, maka arus pengisian listrik terganggu. Efek yang ditimbulkan pada lampu sepeda motor bukan hanya meredup, akan tetapi terang-redup tidak jelas sehingga akan lebih mengganggu penerangan jalan.
9. Spul Penerangan Melemah
Telah disinggung sebelumnya tentang spull yang berkaitan dengan baterai atau aki kendaraan. Ketahanan komponen ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terang atau redupnya nyala lampu sepeda motor.
Anda harus mengukur ketahanan komponen ini untuk mengecek normal-tidaknya spull penerangan. Apabila ketahanan komponen ini berkisar 0,2-1,2 ohm pada kondisi mesin 40 derajat, maka komponen ini dinyatakan normal. Namun apabila ketahanan menunjukkan angka mendekati 2 ohm, maka dapat dipastikan bahwa spull penerangan sudah mulai lemah dan harus segera diganti.
10. Kabel Lampu Meleleh
Kabel lampu yang meleleh jelas menjadi salah satu penyebab lampu motor redup. Kabel lampu berfungsi sebagai penghantar aliran listrik agar sampai pada bola lampu sehingga dapat bersinar.
Apabila kabel lampu ini meleleh, maka arus listrik yang dikirim menjadi terhalang. Hal ini berpengaruh pada sinar lampu sepeda motor. Kabel lampu sendiri dapat meleleh pada bagian soket dan ini sangat mungkin terjadi apabila soket terlalu panas.
Loncatan elektron yang terjadi pada soket ketika sedang bekerja pun akan menimbulkan peningkatan suhu. Suhu yang meningkat terlalu panas inilah yang dapat membuat kabel meleleh. Akibatnya, lampu menjadi redup.
Jakarta: Lampu merupakan komponen utama kendaraan yang berfungsi membantu visibilitas pengendara, khususnya di malam hari. Kondisi komponen penerangan ini harus diperhatikan dengan baik agar tidak menyebabkan masalah dan menjadi faktor kecelakaan di saat berkendara.
Mengingat lampu ini kerap digunakan, khususnya di sepeda motor yang selalu hidup, tentu apabila dicermati akan semakin meredup dari waktu ke waktu. Nah ketika lampu sudah mulai meredup, biasanya ada banyak penyebab lampu tidak berpijar dengan terang. Laman resmi Suzuki kemudian membagikan ada 10 penyebab lampu di sepeda motor melemah, diantaranya;
1. Kualitas Bohlam Lampu
Kualitas bohlam lampu sepeda motor dapat mempengaruhi terang atau redupnya sinar lampu. Pastikan bohlam sepeda motor sudah sesuai dengan standar pabrik yang biasa dipakai untuk jenis motor tersebut. Pakailah produk original untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Standar pabrikan lampu sepeda motor biasanya mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, maupun 55 watt 12 volt. Namun, apabila sepeda motor telah menggunakan lampu LED dan masih redup, jelas ini bukan kualitas lampu yang menjadi masalah redupnya lampu motor tersebut.
2. Mika Lampu atau Reflektor Buram
Sama halnya dengan produk elektronik maupun otomotif yang lain, mika lampu atau reflektor juga memiliki masa pakai. Jika masa pakai reflektor sepeda motor dirasa sudah habis atau sudah lama dipakai, maka sinar yang keluar dari lampu motor akan terlihat redup.