Jakarta: Ketika membeli kendaraan bermotor baru, khususnya mobil, maka pemilik diwajibkan melakukan servis pertama di 1.000 KM. Meskipun mobil ini baru keluar dari dealer dan masih dalam kondisi yang fit, namun pemilik mobil harus datang ke bengkel resmi untuk melakukan pemeriksaan pertama ini.
Servis berkala pertama di 1.000 KM atau satu bulan ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Di servis berkala pertama ini nantinya tim teknisi memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal setelah digunakan dalam kurun waktu satu bulan dari penyerahan. Berikutnya, servis berkala juga merupakan deteksi dini kondisi mobil, sehingga bila ada kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar ke komponen lainnya.
Kerusakan bisa langsung diperbaiki dan pemilik terhindar dari pengeluaran biaya perbaikan yang besar. Hal yang tidak kalah penting, servis berkala 1.000 KM merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama garansi adalah servis berkala secara rutin di bengkel resmi, seperti dikutip dari Auto2000.
Saat servis berkala satu bulan pertama, dilakukan pemeriksaan secara detail seluruh komponen bergerak di mobil. Bagian pertama yang dicek meliputi fungsi seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, lampu interior, seat belt, dan head unit. Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, meliputi body, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper.
Berlanjut ke bagian mesin, mekanik akan menjalankan pemeriksaan oli mesin, kondisi fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum serta sistem penggerak dan bagian sasis mobil. Manfaat pengecekan tersebut sangat terasa mengingat saat ini sedang musim hujan dengan cuaca yang tidak menentu sehingga mobil selalu dalam kondisi prima dan mengurangi kekhawatiran timbul masalah teknis.
Jika terdeteksi ada kerusakan, mekanik akan segera melakukan penggantian suku cadang secara gratis. Tentu untuk komponen yang dijamin oleh garansi pabrikan dan bukan kerusakan akibat salah perlakuan oleh pemilik. Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik alias gratis untuk pemeriksaan menyeluruh tersebut.
“Servis berkala satu bulan atau 1.000 KM pertama memiliki fungsi yang sangat penting untuk memeriksa dan memastikan kondisi mobil milik konsumen selalu dalam kondisi prima mulai dari awal penggunaan. Semakin penting lantaran saat ini sedang musim hujan sehingga mobil dituntut agar selalu siap dalam segala kondisi jalan,” jelas Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, melalui pesan elektroniknya.
Jakarta: Ketika membeli kendaraan bermotor baru, khususnya mobil, maka pemilik diwajibkan melakukan servis pertama di 1.000 KM. Meskipun mobil ini baru keluar dari dealer dan masih dalam kondisi yang fit, namun pemilik mobil harus datang ke bengkel resmi untuk melakukan pemeriksaan pertama ini.
Servis berkala pertama di 1.000 KM atau satu bulan ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Di servis berkala pertama ini nantinya tim teknisi memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal setelah digunakan dalam kurun waktu satu bulan dari penyerahan. Berikutnya, servis berkala juga merupakan deteksi dini kondisi mobil, sehingga bila ada kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar ke komponen lainnya.
Kerusakan bisa langsung diperbaiki dan pemilik terhindar dari pengeluaran biaya perbaikan yang besar. Hal yang tidak kalah penting, servis berkala 1.000 KM merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama garansi adalah servis berkala secara rutin di bengkel resmi, seperti dikutip dari Auto2000.
Saat servis berkala satu bulan pertama, dilakukan pemeriksaan secara detail seluruh komponen bergerak di mobil. Bagian pertama yang dicek meliputi fungsi seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, lampu interior, seat belt, dan head unit. Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, meliputi body, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper.
Berlanjut ke bagian mesin, mekanik akan menjalankan pemeriksaan oli mesin, kondisi fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum serta sistem penggerak dan bagian sasis mobil. Manfaat pengecekan tersebut sangat terasa mengingat saat ini sedang musim hujan dengan cuaca yang tidak menentu sehingga mobil selalu dalam kondisi prima dan mengurangi kekhawatiran timbul masalah teknis.