Ilustrasi isi bensin. Lifepal
Ilustrasi isi bensin. Lifepal

Tips Otomotif

Harga Bensin Naik, Ini Cara Mengirit BBM Mobil

Ekawan Raharja • 08 April 2022 12:00
Jakarta: Pemerintah secara resmi menaikan harga Pertamax menjadi Rp12.500 per liter pada awal April 2022. Bagi para pengemudi mobil tentu harus pintar-pintar bersiasat agar bensin di mobil tetap awet dan seirit mungkin untuk digunakan sehari-hari.
 
Berbagai langkah alternatif menjadi pilihan seperti memutuskan menggunakan Pertalite yang harganya terpaut jauh lebih murah dibandingkan Pertamax, atau beralih menggunakan transportasi umum agar tidak merogoh kocek lebih dalam. Co-Founder Lifepal, Benny Fajarai, kemudian memberikan juga tips bagaimana memaksimalkan penggunaan bbm mobil sehingga mengurangi biaya sehari-hari.
 

1. Pilih Berkendara di Jam Lengang & Kondisi Jalan Tidak Padat

Tahukah kamu? Mengendarai mobil di jalanan yang padat merayap pada jam-jam sibuk membuat mobil mengonsumsi BBM lebih banyak dari kondisi normal. Sebab, berhenti terlalu lama dengan mesin yang masih menyala akan mempengaruhi penggunaan bensin mobil. 
 
Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kepadatan jalan dan jam berkendara untuk membuat mobil hemat BBM. Sebagai contoh, apabila biasanya kamu berangkat ke kantor jam 7.30 dan selalu terjebak macet parah, tidak ada salahnya untuk mencoba bangun lebih pagi dan berangkat lebih awal misalnya pukul 06.30 agar kondisi jalan lebih bersahabat. 
 

2. Jangan Terlalu Menempel dengan Kendaraan di Depan dan Belakang

Hal penting lain dalam berkendara untuk memastikan keselamatan diri sendiri dan tentunya pengguna jalan yang lain, yaitu menjaga jarak dengan mobil di depan dan di belakang. Selain menghindari blind spot, ini juga dapat membuat mobil kamu lebih hemat BBM loh.
 
Halaman Selanjutnya
  Karena kamu akan melajukan…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif