Ilustrasi mengemudi. Auto2000
Ilustrasi mengemudi. Auto2000

Safety Driving

Tips Mencegah Stres Kala Mengemudi Di Musim Hujan

Otomotif hujan tips mobil tips hujan safety driving tips otomotif Auto2000
Ekawan Raharja • 08 Desember 2021 12:00
 

4. Siapkan Musik Kesukaan

Mendengarkan musik adalah salah satu aktivitas yang dapat menenangkan perhatian di jalan. Hal ini diperlukan untuk mengurangi paparan sumber stres terhadap pikiran secara terus menerus. Pilihlah jenis musik yang disukai dan dapat memperbaiki mood, namun jangan terlena saat mendengarkan musik dan pastikan tetap fokus  saat mengemudi.
 

5. Pilih Rute Perjalanan Terbaik

Pilih rute perjalanan yang bisa diandalkan dengan memanfaatkan peta digital via ponsel pintar. Pantau media sosial atau radio untuk mengantisipasi masalah akibat hujan seperti pohon tumbang atau banjir. Jika bisa, majukan jadwal perjalanan sehingga Anda memiliki waktu ekstra kalau sampai terkena masalah di jalan dan membuat hati lebih tenang.
 

6. Lakukan Stretching Ketika Jalan Macet

Melakukan beberapa gerakan untuk meregangkan otot dapat memperlancar aliran darah dan membantu menekan stres. Lakukan dengan memberikan kontraksi pada otot tendon kaki, jari tangan dan leher, serta tahan dalam waktu 8 hingga 10 detik selama beberapa kali hingga otot tidak terasa kaku.
 

7. Jaga Emosi Saat Mengemudi Mobil

Jangan terpancing emosi saat ada pengguna jalan lain melakukan kesalahan seperti memotong lajur. Jangan pula turut melakukan manuver agresif yang membahayakan pengguna jalan yang lain. Dengan menjaga emosi, energi tubuh tidak terkuras untuk hal yang tidak penting dan menjauhkan diri dari stres.
 

8. Menjaga Kondisi Mobil

Menjaga kondisi mobil wajib hukumnya saat memasuki musim hujan demi keamanan dan kenyamanan berkendara di jalan. Anda tentu tidak mau AC mobil atau wiper mati padahal hujan turun dengan deras dan berujung pada stres.
 
“Stres yang terlalu tinggi saat mengemudi mobil dapat memicu berbagai masalah. Oleh sebab itu, Anda perlu mencegah stres saat mengemudi mobil, sementara kami membantu lewat servis berkala untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima,” jelas Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara,  melalui keterangan resminya.

 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif