Perhatikan kendaraan sekeliling sebelum berpindah jalur. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Perhatikan kendaraan sekeliling sebelum berpindah jalur. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Safety Driving

Jaga Kecepatan di Tol, Sesuaikan Kondisi Jalan

Otomotif tips mobil safety driving
M. Bagus Rachmanto • 28 Agustus 2020 15:49
Jakarta: Mengemudi di jalan tol sudah menjadi rutinitas banyak orang di Indonesia. Jalanan tanpa hambatan ini kerap dijadikan tempat untuk memacu mobil dengan kecepatan tinggi, padahal sebaiknya pengemudi tetap menjaga jarak aman antar mobil.
 
Sebetulnya sedikit sulit menentukan kecepatan pasti yang aman untuk berkendara di jalan tol. Yang paling benar, berkendara sesuai dengan keadaan dan peraturan, seperti dikutip dari laman resmi Hyundai.
 
Caranya dengan menyesuaikan ritme kecepatan dengan pengguna jalan tol lain. Bisa diartikan, menjaga jarak. Jadi kecepatan bisa menyesuaikan dengan jarak mobil di depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bisa juga dengan menerapkan prinsip jarak 3 detik. Ketika kendaraan di depan melewati titik tertentu, misal rambu di pembatas jalan, 3 detik kemudian barulah anda melewati titik yang sama.
 
Jadi acuannya bukan berapa meter jarak antara mobil anda dengan mobil di depan. Kalau mau dihitung, jika kecepatan 80 kilometer per jam dengan prinsip 3 detik, Anda harus menyediakan jarak sekitar 44 meter dengan kendaraan di depan. Tujuannya ketika terjadi pengereman mendadak, anda masih punya ruang dan waktu untuk mengambil tindakan.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif