Jakarta - Negara-negara tropis yang ada di dunia, memang bukan hanya Indonesia. Mengingat beberapa kawasan benua juga dilalui garis khatuslistiwa atau equator. Dalam hal perawatan kendaraan, tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Hal ini juga bahkan sudah disiapkan oleh produsen komponen otomotif untuk menyesuaikan dengan kondisi alam tropis dan kondisi alam di negara empat musim seperti Jepang. Lalu apa saja yang patut Anda perhatikan?
Kita tahu ada beberapa model mobil yang dijual di Indonesia ternyata juga dijual di negara asalnya, katakan saja Toyota Raize. Walaupun diproduksi pabrikan yang sama dengan kualitas yang sama namun cara perawatan mobil di negara tropis seperti Indonesia dan negara empat musim seperti Jepang memiliki caranya tersendiri mengingat perbedaan iklim dan kondisi lingkungan yang signifikan.
Perlakuan di negara tropis:
1. Perlindungan Terhadap Suhu Tinggi di Negara Tropis
Di Indonesia, suhu tinggi adalah tantangan utama. Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk: Melakukan perawatan rutin pada sistem pendingin mobil. Menggunakan film kaca yang dapat memblokir sinar UV, mengurangi panas di dalam mobil. Melakukan pengecekan teratur terhadap ban dan sistem pendingin mesin termasuk cairan pendingin/coolant.
2. Perlindungan Terhadap Kelembaban Tinggi di Negara Tropis
Kelembaban tinggi di negara tropis dapat memicu masalah korosi. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu: Melakukan perawatan anti-korosi pada bagian-bagian logam, berikan semprotan anti-karat terutama di bagian bawah mobil untuk perlindungan ekstra. Membersihkan mobil secara rutin untuk menghindari penumpukan kelembaban.
3. Perawatan Ekstra pada Waktu Hujan di Negara Tropis
Musim hujan yang panjang di Indonesia memerlukan perhatian khusus terhadap: Sistem kelistrikan, untuk mencegah kerusakan akibat genangan air. Ban dan rem, agar tetap berfungsi optimal di jalan basah.
Perlakuan di negara empat musim:
4. Persiapan untuk Musim Salju di Negara Empat Musim
Di Jepang, musim salju memerlukan perhatian lebih pada: Ban salju yang dirancang khusus untuk memberikan traksi lebih baik di jalan bersalju. Cairan pendingin yang tahan beku untuk mencegah kerusakan mesin akibat suhu rendah. Pemeriksaan rutin terhadap sistem pemanas dan defroster.
5. Perawatan Akibat Garam Jalan di Negara Empat Musim
Pemilik mobil di Jepang perlu memperhatikan: Pengecekan rutin terhadap bagian bawah mobil yang rentan terhadap korosi akibat garam jalan. Membersihkan mobil secara teratur untuk menghilangkan garam yang menempel.
"Merawat mobil di negara tropis dan empat musim membutuhkan penanganan yang berbeda. Fitur, ketahanan dan kelengkapan mobil-mobil yang dirakit atau diproduksi di Indonesia sudah disesuaikan dengan kondisi iklim dan jalanan di Indonesia. Sehingga konsumen dimudahkan dalam merawatnya. Pemahaman mendalam tentang kondisi iklim setempat menjadi kunci utama dalam memastikan kesehatan dan performa mobil selama masa pakai," dilansir dari akun resmi Seva.
Jakarta - Negara-negara tropis yang ada di dunia, memang bukan hanya Indonesia. Mengingat beberapa kawasan benua juga dilalui garis khatuslistiwa atau equator. Dalam hal
perawatan kendaraan, tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Hal ini juga bahkan sudah disiapkan oleh produsen
komponen otomotif untuk menyesuaikan dengan kondisi alam tropis dan kondisi alam di negara empat musim seperti Jepang. Lalu apa saja yang patut Anda perhatikan?
Kita tahu ada beberapa model mobil yang dijual di Indonesia ternyata juga dijual di negara asalnya, katakan saja
Toyota Raize. Walaupun diproduksi pabrikan yang sama dengan kualitas yang sama namun cara perawatan mobil di negara tropis seperti Indonesia dan negara empat musim seperti Jepang memiliki caranya tersendiri mengingat perbedaan iklim dan kondisi lingkungan yang signifikan.
Perlakuan di negara tropis:
1. Perlindungan Terhadap Suhu Tinggi di Negara Tropis
Di Indonesia, suhu tinggi adalah tantangan utama. Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk: Melakukan perawatan rutin pada sistem pendingin mobil. Menggunakan film kaca yang dapat memblokir sinar UV, mengurangi panas di dalam mobil. Melakukan pengecekan teratur terhadap ban dan sistem pendingin mesin termasuk cairan pendingin/coolant.
2. Perlindungan Terhadap Kelembaban Tinggi di Negara Tropis
Kelembaban tinggi di negara tropis dapat memicu masalah korosi. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu: Melakukan perawatan anti-korosi pada bagian-bagian logam, berikan semprotan anti-karat terutama di bagian bawah mobil untuk perlindungan ekstra. Membersihkan mobil secara rutin untuk menghindari penumpukan kelembaban.
3. Perawatan Ekstra pada Waktu Hujan di Negara Tropis
Musim hujan yang panjang di Indonesia memerlukan perhatian khusus terhadap: Sistem kelistrikan, untuk mencegah kerusakan akibat genangan air. Ban dan rem, agar tetap berfungsi optimal di jalan basah.
Perlakuan di negara empat musim:
4. Persiapan untuk Musim Salju di Negara Empat Musim
Di Jepang, musim salju memerlukan perhatian lebih pada: Ban salju yang dirancang khusus untuk memberikan traksi lebih baik di jalan bersalju. Cairan pendingin yang tahan beku untuk mencegah kerusakan mesin akibat suhu rendah. Pemeriksaan rutin terhadap sistem pemanas dan defroster.
5. Perawatan Akibat Garam Jalan di Negara Empat Musim
Pemilik mobil di Jepang perlu memperhatikan: Pengecekan rutin terhadap bagian bawah mobil yang rentan terhadap korosi akibat garam jalan. Membersihkan mobil secara teratur untuk menghilangkan garam yang menempel.
"Merawat mobil di negara tropis dan empat musim membutuhkan penanganan yang berbeda. Fitur, ketahanan dan kelengkapan mobil-mobil yang dirakit atau diproduksi di Indonesia sudah disesuaikan dengan kondisi iklim dan jalanan di Indonesia. Sehingga konsumen dimudahkan dalam merawatnya. Pemahaman mendalam tentang kondisi iklim setempat menjadi kunci utama dalam memastikan kesehatan dan performa mobil selama masa pakai," dilansir dari akun resmi Seva.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)