Jakarta: Mobil keluarga, khususnya jenis Multi-Purpose Vehicle (MPV), kini semakin banyak mengadopsi sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Sistem ini menawarkan berbagai keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan ideal bagi konsumen, baik dari segi performa maupun desain.
Salah satu keunggulan utama mobil berpenggerak roda depan adalah efisiensi tenaga. Pada sistem FWD, tenaga dari mesin langsung disalurkan ke roda depan tanpa melalui gardan atau poros transmisi yang panjang.
Hal ini membuat bobot kendaraan lebih ringan karena komponen yang dibutuhkan lebih sedikit. Selain itu, energi yang disalurkan ke roda menjadi lebih optimal karena tidak banyak terbuang.
"Beberapa keunggulan ada pada mobil penggerak roda depan dan untuk kendaraan penumpang sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan jika berbicara masalah daya jelajah seperti kekuatan menanjak antara penggerak roda depan dan belakang. Ada perbedaan hanya pada mobil-mobil beban berat seperti truk," jelas pereli nasional, Rifat Sungkar, dikutip dari situs resmi Mitsubishi.
Rifat juga menambahkan bahwa mobil dengan penggerak roda depan memiliki kelebihan dari segi handling. Pengemudi dapat mengendalikan kendaraan dengan lebih mudah, memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.
Selain itu, sistem FWD memungkinkan desainer interior mobil untuk menciptakan ruang kabin yang lebih luas. Dengan hilangnya axle atau gardan belakang, lantai mobil bisa dibuat rata, memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang, terutama saat menempuh perjalanan jauh.
Keunggulan lain dari mobil FWD adalah traksi yang lebih baik, terutama di jalan licin atau saat hujan. Berat mesin yang berada di depan membantu memberikan daya cengkeram lebih besar pada roda depan.
"Misal mobil mesin bertenaga 100 daya kuda, jika mobil penggerak roda belakang, total tenaga yang dikeluarkan ke roda akan terpangkas 35 persen. Jika mobil FWD pasti ada tapi tidak besar," tambah Rifat.
Kelemahan Mobil Penggerak Roda Belakang
Meskipun punya banyak kelebihan, sistem FWD ini juga punya beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Situs resmi Daihatsu mencatat setidaknya ada 3 kekurangan dari FWD, berikut detailnya:
1. Sulit Berbelok (Understeer)
Hal tersebut terjadi karena roda depan mobil berfungsi sebagai pusat untuk membelokkan roda mobil sekaligus mendorong mobil ke depan.
2. Cepat Merusak Komponen Roda dan Drive Shaft
Hal tersebut terjadi karena jumlah komponen pada bagian depan mobil terlalu banyak. Sehingga terkadang menimbulkan bunyi kencang dari kabin. Serta diakibatkan karena roda terlalu sering selip saat mobil menanjak.
3. Sulit Menanjak
Apakah mobil penggerak roda depan kuat nanjak? Jawabannya, tidak! Saat mobil menanjak, maka posisi mobil akan semakin turun ke belakang. Hal tersebut terjadi karena beban akan berpindah ke bagian belakang mobil.
Jakarta: Mobil keluarga, khususnya jenis Multi-Purpose Vehicle (
MPV), kini semakin banyak mengadopsi sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Sistem ini menawarkan berbagai keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan ideal bagi konsumen, baik dari segi performa maupun desain.
Salah satu keunggulan utama mobil berpenggerak roda depan adalah efisiensi tenaga. Pada sistem FWD, tenaga dari mesin langsung disalurkan ke roda depan tanpa melalui gardan atau poros transmisi yang panjang.
Hal ini membuat bobot kendaraan lebih ringan karena komponen yang dibutuhkan lebih sedikit. Selain itu, energi yang disalurkan ke roda menjadi lebih optimal karena tidak banyak terbuang.
"Beberapa keunggulan ada pada mobil penggerak roda depan dan untuk kendaraan penumpang sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan jika berbicara masalah daya jelajah seperti kekuatan menanjak antara penggerak roda depan dan belakang. Ada perbedaan hanya pada mobil-mobil beban berat seperti truk," jelas pereli nasional, Rifat Sungkar, dikutip dari situs resmi Mitsubishi.
Rifat juga menambahkan bahwa mobil dengan penggerak roda depan memiliki kelebihan dari segi handling. Pengemudi dapat mengendalikan kendaraan dengan lebih mudah, memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.
Selain itu, sistem FWD memungkinkan desainer interior mobil untuk menciptakan ruang kabin yang lebih luas. Dengan hilangnya axle atau gardan belakang, lantai mobil bisa dibuat rata, memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang, terutama saat menempuh perjalanan jauh.
Keunggulan lain dari mobil FWD adalah traksi yang lebih baik, terutama di jalan licin atau saat hujan. Berat mesin yang berada di depan membantu memberikan daya cengkeram lebih besar pada roda depan.
"Misal mobil mesin bertenaga 100 daya kuda, jika mobil penggerak roda belakang, total tenaga yang dikeluarkan ke roda akan terpangkas 35 persen. Jika mobil FWD pasti ada tapi tidak besar," tambah Rifat.
Kelemahan Mobil Penggerak Roda Belakang
Meskipun punya banyak kelebihan, sistem FWD ini juga punya beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Situs resmi Daihatsu mencatat setidaknya ada 3 kekurangan dari FWD, berikut detailnya:
1. Sulit Berbelok (Understeer)
Hal tersebut terjadi karena roda depan mobil berfungsi sebagai pusat untuk membelokkan roda mobil sekaligus mendorong mobil ke depan.
2. Cepat Merusak Komponen Roda dan Drive Shaft
Hal tersebut terjadi karena jumlah komponen pada bagian depan mobil terlalu banyak. Sehingga terkadang menimbulkan bunyi kencang dari kabin. Serta diakibatkan karena roda terlalu sering selip saat mobil menanjak.
3. Sulit Menanjak
Apakah mobil penggerak roda depan kuat nanjak? Jawabannya, tidak! Saat mobil menanjak, maka posisi mobil akan semakin turun ke belakang. Hal tersebut terjadi karena beban akan berpindah ke bagian belakang mobil.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)