Knalpot motor Suzuki Smash. Suzuki
Knalpot motor Suzuki Smash. Suzuki

9 Penyebab Knalpot Motor Bau Menyengat Dan Cara Mengatasinya

Ekawan Raharja • 01 September 2025 18:31
Jakarta: Knalpot motor seharusnya tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Namun, dalam kondisi tertentu, bau tidak sedap bisa muncul akibat berbagai masalah pada mesin maupun sistem pembuangan. Suzuki Indonesia melalui situs resminya menjelaskan beberapa penyebab utama dan solusi yang perlu dilakukan agar kendaraan tetap nyaman digunakan.

1. Pembakaran Tidak Sempurna

Tekanan kompresi rendah, busi kotor, kabel longgar, atau koil lemah bisa membuat pembakaran tidak sempurna. Gejalanya adalah bau bensin menyengat.
 
Solusi: cek sistem pengapian atau ganti ring piston bila perlu.

2. Campuran Bahan Bakar Terlalu Kaya

Filter udara kotor, karburator tidak tepat setelannya, atau sensor suhu rusak bisa menyebabkan bensin berlebih dibanding oksigen. Hasilnya, bensin terbakar setengah matang.
 
Baca Juga:
Fitur Apa Saja yang Masuk di Diamond Sense Mitsubishi Xforce?

 
Solusi: bersihkan atau ganti filter, setel ulang karburator, cek sensor suhu.

3. Oli Mesin Terbakar

Ring piston aus, piston baret, atau seal klep bocor membuat oli masuk ruang bakar. Knalpot pun berbau plastik terbakar dengan asap putih kebiruan.

Solusi: turun mesin untuk mengganti ring piston atau seal klep.

4. Kebocoran Karburator atau Injektor

Jika komponen ini bocor, bensin terus menetes ke ruang bakar dan menimbulkan bau bensin tajam.
 
Solusi: ganti karburator/injektor atau perbaiki pelampung yang macet.

5. Kualitas Bahan Bakar Buruk

Bensin oplosan atau terkontaminasi menimbulkan bau seperti cat atau alkohol.
 
Solusi: kuras tangki dan isi ulang dengan bahan bakar resmi SPBU terpercaya.

6. Masalah pada Sistem Evaporasi BBM

Kebocoran canister, selang rusak, atau purge valve macet membuat uap bensin keluar ke knalpot.
 
Baca Juga:
Suzuki e-Vitara Mulai Produksi Di India, Siap Diekspor Ke Eropa

 
Solusi: periksa dan ganti komponen evaporasi di bengkel resmi.

7. Kerusakan Mesin Internal

Piston meleleh, silinder baret, atau kompresi bocor bisa memicu bau kombinasi oli dan bensin terbakar.
 
Solusi: lakukan overhaul atau turun mesin penuh.

8. Paking Kepala Silinder Bocor

Overheat atau kerusakan gasket menyebabkan oli atau cairan pendingin masuk ruang bakar, memicu bau terbakar.
 
Solusi: ganti paking kepala silinder dengan standar pabrikan.

9. Konverter Katalitik Rusak

Jika konverter katalitik rusak atau dilepas, gas buang akan berbau telur busuk.
 
Solusi: pasang kembali atau ganti dengan knalpot standar agar emisi ramah lingkungan.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan