Ilustrasi berkendara sepeda motor di musim hujan. Honda
Ilustrasi berkendara sepeda motor di musim hujan. Honda

Safety Riding

Kurangi Mobilitas dan Perjalanan Jauh dengan Sepeda Motor

Ekawan Raharja • 28 Januari 2022 11:00
Jakarta: Tingginya resiko berkendara di kala musim hujan membuat para pengendara sepeda motor harus cermat dan beradaptasi selama perjalanan. Bahkan tidak ada salahnya untuk mengurangi mobilitas dengan sepeda motor atau tidak bepergian jarak jauh menggunakan kuda besi.
 
“Bukannya dilarang, alangkah baiknya kondisi hujan sedapat mungkin untuk membatasi perjalanan sepeda motor, apalagi dengan jarak tempuh jauh dan rute yang tidak familiar bagi pengendara,” jelas Head of Safety  Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, Agus Sani,
 
Jika terpaksa tetap berkendara walaupun kondisi hujan sangat lebat, gunakan insting dan pemilihan jalan agar tidak mengalami kecelakaan. Kondisi jalan tidak rata tidak jarang timbulkan genangan air, namun tidak semuanya karena jalan yang tidak rata banyak juga genangan yang menutupi lubang jalan sehingga pemilihan jalan sangat diperlukan.
 
Kondisi tersebut berpengaruh terhadap gaya pengereman pengendara, jalanan yang licin karena basah, maka jauhi pengereman mendadak yang dapat menyebabkan tergelincirnya traksi ban pada jalanan. Gunakan rem yang proporsional agar memberikan keseimbangan yang terkontrol bagi pengendara.
 
Memang, banyak juga pengendara yang senang bermotor dikala hujan dengan alasan lebih seru dan mungkin kondisi jalanan yang lebih sepi dari biasanya. Satu tips yang beberapa waktu ini sering terdengar untuk ‘akali’ berkendara di jalanan basah dengan pengurangan tekanan angin ban.
 
Halaman Selanjutnya
  Hal ini memang biasa…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif