Pintu mobil yang tidak tertutup rapat membahayakan keselamatan penumpang dan pengemudi. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Pintu mobil yang tidak tertutup rapat membahayakan keselamatan penumpang dan pengemudi. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Safety Driving

8 Kebiasaan Buruk Penyebab Kecelakaan

Otomotif tips mobil safety driving
M. Bagus Rachmanto • 28 Agustus 2020 11:07
Jakarta: Kecelakaan saat berkendara bisa disebabkan beberapa faktor, mulai dari jalanan yang rusak, kondisi kendaraan yang tidak layak jalan, hingga pelanggaran rambu lalu lintas. Bahkan tak jarang kecelakaan terjadi akibat kelalaian atau kebiasaan buruk saat berkendara.
 
Kejadian seperti ini sangat membahayakan keselamatan penumpang atau pengemudi. Adapun kebiasaan buruk pengemudi yang dapat menyebabkan kecelakaan, seperti ditulis lama resmi asuransi kendaraan ACA, di antaranya sebagai berikut.
 
Tidak Menutup Pintu Mobil dengan Rapat
Salah satu bentuk kelalaian adalah kurang menutup pintu mobil dengan rapat. Kejadian seperti ini sangat membahayakan keselamatan penumpang atau pengemudi. Untungnya, sebagian mobil keluaran terbaru telah menyediakan fitur/lampu indikator yang akan memberitahu jika pintu dalam keadaan terbuka atau belum tertutup rapat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadi, tingkat kewaspadaan perlu dilakukan oleh penggunamobil lawas yang belum dilengkapi dengan fitur/lampu indikator. Pastikan dan periksa pintu mobil sudah tertutup rapat serta dalam posisi yang benar sebelum jalan sehingga aman bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.
 
Lambat di Jalur Cepat
Menurut aturan, jalur kanan merupakan jalur yang digunakan untuk kendaraan yang ingin mendahului kendaraan lain atau melaju dengan kecepatan tinggi. Faktanya, di lapangan masih banyak pengendara yang melajukan mobilnya dengan kecepatan rendah di jalur cepat. Selain menghambat lajur, kondisi ini seringkali membuat pengemudi yang terburu-buru nekat melanggar aturan, menggunakan lajur kiri untuk mendahului mobil lain.Hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kecelakaan.

 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif