Palembang: Ada banyak jenis dan tipe motor sesuai dengan target pasarnya, namun pada dasarnya tipe mesin sepeda motor terbagi menjadi 3 berdasarkan penggunaan kopling, yaitu motor dengan kopling manual, kopling sentrifugal, dan kopling ganda. Saat ini penggunaan kopling manual ini ditemukan di motor-motor model sport.
Disebut motor kopling karena jenis motor ini sudah dilengkapi dengan adanya komponen kopling yang dapat dikelola penggunaannya sesuai dengan keperluan. Umumnya, ciri-ciri motor kopling manual terdapat sebuah handle kopling di stang sebelah kiri.
PT. Thamrin Brothers (Main Dealer Yamaha Sumatera Selatan & Bengkulu) kemudian memberikan sejumlah langkah perawatan yang harus dimiliki pemilik motor agar awet dan berumur panjang;
1. Rutin Mengganti Oli
Untuk merawat kopling manual, harus rutin mengganti oli. Pergantian oli biasanya dilakukan pada 3.000 km perjalanan.
Semakin jauh jarak yang ditempuh maka kualitas oli mesin akan berkurang. Hasilnya, oli pada motor akan keruh dan berubah warna menjadi hitam.
2. Rajin Melakukan Pengecekan dan Penyetelan Tuas Kopling
Pada motor bermesin kopling manual, tentu saja kinerja kopling motor harus selalu prima. Kampas kopling yang bermasalah dapat mengganggu kinerja mesin saat melakukan perpindahan gigi dan akan mempengaruhi laju motor.
Untuk menjaganya, para pengendara motor bermesin kopling ini harus rajin mengecek dan menyetel tuas kopling pada motornya. Jika kampas kopling sudah mulai aus, maka tuas kopling akan longgar dan harus dilakukan penyetelan sesuai standar, jika sudah tidak bisa dilakukan penyetelan berarti kampas kopling sudah habis dan harus dilakukan penggantian kampas kopling.
3. Cek Pergerakan Tuas dan Kabel Kopling
Adakalanya saat menggunakan motor bermesin kopling manual, tarikan kopling terasa berat. Jika terjadi hal yang demikian tidak perlu panik, ini terjadi karena kabel kopling motor mulai kering karena karat atau kotoran lainnya.
Cara mengatasinya cukup mudah, tidak perlu membawanya ke bengkel. Cukup berikan cairan pelumas anti karat ke dalam kabel melalui tuas pada bagian handling kopling. Setelah cairan masuk coba tarik handle kopling perlahan beberapa kali. Jika masih berat, bisa menambahkan kembali cairan pelumasnya dan mengulangi langkah tersebut sampai tarikan kopling terasa enteng.
4. Gunakan Bahan Bakar Sesuai Nilai Kompresi Mesin
Semakin tinggi nilai kompresi mesin sepeda motor, maka akan membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi. Ketidaksesuaian pemilihan oktan bahan bakar akan menyebabkan performa sepeda motor menurun. Maka selalu perhatikan spesifikasi sepeda motor Anda terutama nilai kompresi-nya.
Palembang: Ada banyak jenis dan tipe motor sesuai dengan target pasarnya, namun pada dasarnya tipe mesin sepeda motor terbagi menjadi 3 berdasarkan penggunaan kopling, yaitu motor dengan kopling manual, kopling sentrifugal, dan kopling ganda. Saat ini penggunaan kopling manual ini ditemukan di motor-motor model sport.
Disebut motor kopling karena jenis motor ini sudah dilengkapi dengan adanya komponen kopling yang dapat dikelola penggunaannya sesuai dengan keperluan. Umumnya, ciri-ciri motor kopling manual terdapat sebuah handle kopling di stang sebelah kiri.
PT. Thamrin Brothers (Main Dealer Yamaha Sumatera Selatan & Bengkulu) kemudian memberikan sejumlah langkah perawatan yang harus dimiliki pemilik motor agar awet dan berumur panjang;
1. Rutin Mengganti Oli
Untuk merawat kopling manual, harus rutin mengganti oli. Pergantian oli biasanya dilakukan pada 3.000 km perjalanan.
Semakin jauh jarak yang ditempuh maka kualitas oli mesin akan berkurang. Hasilnya, oli pada motor akan keruh dan berubah warna menjadi hitam.