Ilustrasi perawatan motor klasik. Pertamina Lubricants
Ilustrasi perawatan motor klasik. Pertamina Lubricants

Tips Otomotif

Motor Klasik Dikasih Oli Sintetik, Aman Gak?

Otomotif motor klasik tips motor tips otomotif pertamina lubricants Oli Mesin
Ekawan Raharja • 13 September 2021 10:00
Jakarta: Banyak anggapan di masyarakat bahwa mesin motor-motor klasik, produksi di bawah tahun 2000-an, tidak disarankan menggunakan oli  sintetik. Faktor kondisi mesin sampai teknologi yang diusung membuat banyak beranggapan oli berbahan mineral paling tepat.
 
Para penggemar motor klasik beranggapan komponen mesinnya tidak serapat mesin motor modern. Selain itu, umur pemakaian pelumas zaman dahulu juga tidak sepanjang pelumas sekarang.
 
Jr Technical Specialist HSD Engine Oil PT Pertamina Lubricants, Brahma Putra Mahayana, kemudian menyebutkan pemilik motor tidak perlu mengkhawatirkan masalah bahan dasar oli mesin yang digunakan. Menurutnya, hal utama yang harus diperhatikan dari pemilihan oli mesin adalah kekentalannya (SAE) dan tingkat mutu (API Service).
 
"Dari sudut pandang teknis, kami lebih fokus ke tingkat kekentalan dan tingkat mutu. Adapun apapun jenis dasar olinya, baik mineral atau sintetik, pada akhirnya akan mengikuti dua standar tingkatan tadi," terang Brahma di acara Ngovsan bersama Forum Wartawan Otomotif  (Forwot).
 
Bila meninjau pernyataan Brahma, maka apapun dasar olinya penggunaan oli di motor klasik di bawah tahun 2000 tetap harus sesuai dengan buku pedoman pabrikan motor. Penggunaan oli berbahan sintetik dan mineral dinilai sama saja.
 
Halaman Selanjutnya
  Lantas apa yang terjadi…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif