Teknologi VVA di All New Nmax 155 VVA, punya cara kerja tersendisi. Kapan dan bagaimana? Ini rahasianya! JD
Teknologi VVA di All New Nmax 155 VVA, punya cara kerja tersendisi. Kapan dan bagaimana? Ini rahasianya! JD

Kapan dan Apa Fungsi Teknologi VVA di Nmax Sebenarnya?

Ahmad Garuda • 08 September 2021 13:11
Banyak pengendara motor yang menganggap bahwa putaran tengah ke atas tidak perlu dibikin galak, lantaran jika putaran mesin sudah berada di atas 6.000 RPM, secara otomatis mesin akan tetap galak. Namun Anda perlu tahu, bahwa kondisi ini hanya berlaku untuk lintasan lurus dan tanpa tanjakan.
 
Begitu kendaraan anda diajak ke kondisi jalan menanjak dan berkelok-kelok, tentu tenaga yang Anda rasakan di awal tadi, akan menurun jauh. Dalam kondisi ini tentu diperlukan teknologi mekanikal mesin yang mendukung agar tenaga yang keluar tetap optimal namun tak bikin mesin meraung.
 
Dalam perjalanan IIMS JawaDwipa-2 yang dilakoni oleh Bro Pekik dan rekannya Ahmad, Ia menegaskan bahwa pentingnya teknologi mekanikal mesin yang bisa memaksimalkan torsi mesin. Sehingga mesin bekerja lebih optimal namun tetap efisien.

Baca Juga:
Bengkel Motor Ini Dapat Gelar Terbaik Tahun 2021

Teknologi VVA di All New Nmax

"Dalam touring kali ini, kami menggunakan Yamaha All New Nmax 155 VVA Connected ABS. Teknologi variable valve actuation (VVA) yang ditanamkan di dalamnya, tentu sangat membantu banyak dalam kondisi jalan yang berkelok serta menanjak. Dan ini kami rasakan ketika menyambangi beberapa dataran tinggi seperti Tawangmangu, Gunung Kidul dan lain-lain," klaim Pekik.
 
Sesuai namanya, cara kerja VVA adalah dengan mengatur bukaan klep (katup) yang bervariasi disesuaikan dengan putaran mesin. Pada konstruksi kem SOHC di motor ini, katup hisap dibekali 2 unit rocker arm dengan konektor yang berprofil beda.
 
 
Halaman Selanjutnya
Profil inilah yang diatur oleh…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan