Perawatan rem menjadi salah satu cara mencegah rem mobil blong. Toyota
Perawatan rem menjadi salah satu cara mencegah rem mobil blong. Toyota

Tips Otomotif

Cegah Rem Mobil Blong, Mengurangi Resiko Kecelakaan Di Jalan

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 18 Januari 2021 09:00
Jakarta: Rem Blong adalah kondisi dimana rem mobil mengalami kegagalan bekerja yang menyebabkan sistem pengereman tidak bekerja dengan baik, bahkan tidak berfungsi sama sekali. Alhasil kecepatan mobil tidak bisa dikurangi dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan fatal jika tidak bisa dikendalikan.
 
Penyebab rem blong paling umum adalah permasalahan pada minyak rem. Seperti minyak rem yang habis karena pemilik mobil alfa mengisinya, atau masuknya udara pada sirkulasi minyak rem bisa menyebabkan terjadinya oksidasi dan menghasilkan uap air yang akan menguap saat panas dan membuat tekanan minyak rem menurun.
 
Kualitas minyak rem yang buruk karena terpengaruh suhu atau kedaluwarsa bisa menjadi penyebab. Mobil yang cukup berumur juga bisa memiliki endapan lumpur di dalam sistem rem yang menyumbat dan menyebabkan rem blong. Termasuk munculnya karat di perangkat rem yang berbahan besi sehingga merusak senyawa kimia minyak rem dan menimbulkan endapan lumpur.
 
Selang dari bahan karet yang getas sudah tidak lagi fleksibel dan pecah saat menerima tekanan berat. Kampas rem aus, kaliper membeku, piston rem atau seal piston master silinder rusak akibat pemakaian yang terlalu lama juga bisa memicu rem mobil gagal berfungsi.
 
Auto2000 meminta pemilik mobil untuk tidak menginjak pedal rem saat tidak dibutuhkan dalam jangka waktu panjang karena panas akibat gaya gesek tersimpan di kaliper rem dan membuat rem gagal beroperasi. Hindari pula memaksa mengerem penuh di jalan menurun yang terjal dan disarankan untuk memanfaatkan engine brake dengan menurunkan posisi gigi transmisi.
 
Halaman Selanjutnya
  Rem tidak dapat bekerja…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif