Ilustrasi. Yamaha
Ilustrasi. Yamaha

Safety Riding

Jangan Pergi Touring Sebelum Melakukan 5 Langkah Persiapan Ini

Otomotif tips motor safety riding tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 01 Agustus 2021 21:26
Jakarta: Bagi para bikers kegiatan touring baik sendiri maupun bersama rekan komunitas menjadi salah satu cara menikmati aktivitas berkendara bersama motor. Rute-rute dengan pemandangan yang indah dan menyajikan kondisi jalan yang beragam seperti pantai atau pegunungan, kerap dipilih karena dinilai mampu menghadirkan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan.
 
Ketika hendak melakukan touring, harus banyak yang dipersiapkan mengingat biasanya melakukan perjalanan jauh. Yamaha Riding Academy membagikan 5 langkah persiapan touring yang wajib dilakukan sebelum tancap gas.
 

1. Cek Kondisi Kendaraan

Perjalanan jarak jauh tentu memerlukan kondisi motor yang prima, oleh karena itu sebelum melakukan touring pastikan sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor seperti ban, oli, aki dan lainnya dimana semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik. 
 
Pengecekan bisa dilakukan oleh pemilik sepeda motor atau ke bengkel resmi. Bagi pemilik Yamaha Nmax atau Aerox terbaru bisa memanfaatkan fitur Y-Connect untuk mengecek kondisi oli dan aki sebelum memulai perjalanan melalui smartphone.
 

2. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat. Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik Anda sebaik mungkin.
 
 
Tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara. Jangan coba-coba memaksakan diri ketika merasa lelah di perjalanan. Berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.
 

3. Kenali Rute Perjalanan

Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan di jalan. Kita dapat menghindari atau berkendara dengan hati-hati di daerah rawan kecelakaan apabila mengetahui rute yang akan dilalui.
 
Selain itu, kita bisa mempersiapkan setelan suspensi motor agar siap berkendara di segala kondisi jalan. Sejumlah sepeda motor sekarang ini sudah dilengkapi dengan sistem suspensi preload yang bisa diatur tingkat kekerasannya, pemilik motor bisa memanfaatkan fitur tersebut.
 

4. Patuhi Rambu Lalu Lintas & Marka Jalan

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan dijalan adalah karena minimnya kesadaran pengendara untuk mau mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan. Apabila mengikuti rambu dan marka yang ada, kita dapat berkendara secara lebih teratur, terkontrol, serta menghormati sesama pengguna jalan.
 

5. Gunakan Riding Gear yang Layak

Riding gear atau perlengkapan berkendara yang layak dan terstandarisasi menjadi barang wajib yang harus dikenakan secara lengkap ketika sedang berkendara, khususnya saat touring jarak jauh. Menggunakan riding gear yang lengkap dan benar dapat mencegah atau meminimalisir luka yang diderita tubuh ketika mengalami kecelakaan di jalan.

 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif