Sabuk pengaman mobil harus di cek kondisinya. Medcom.id/Ekawan Raharja
Sabuk pengaman mobil harus di cek kondisinya. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tips Otomotif

Begini Cara Mengecek Kondisi Sabuk Pengaman Mobil

Ekawan Raharja • 12 Januari 2022 12:00
Jakarta: Sabuk pengaman merupakan salah satu fitur keamanan wajib yang harus dikenakan penumpang mobil selama perjalanan. Oleh sebab itu, pemilik mobil harus memperhatikan kondisi perangkat satu ini agar maksimal memberikan perlindungan.
 
Dalam hal ini, sebenarnya ada tips mudah cek sabuk pengaman untuk memastikan kondisinya baik dan bisa dipasang dengan sempurna. Laman resmi Suzuki membagikan cara mengecek kondisi sabuk pengaman mobil yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil.
 

Cek Kondisi Fisik Sabuk Pengaman

Pertama harus mengecek kondisi fisik sabuk pengaman terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak akan kerusakan. Hal ini perlu dilakukan secara berkala pada kendaraan atau ketika Anda membeli mobil bekas.
 
Hal yang harus dicek yaitu kondisi fisik kepala sabuk apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Selanjutnya, cek bagian tali sabuk pengaman guna memastikan adakah potongan atau lilitan dari bagian tersebut.
 
Pengecekan fisik ini harus dilakukan secara detail untuk memastikan seluruh kondisi komponen pada sabuk pengaman dalam keadan baik. Sebab kondisi fisik dari sabuk pengaman juga akan mempengaruhi kinerja komponen tersebut saat nantinya digunakan.
 
Halaman Selanjutnya
  Cek dengan Scanner OBD…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif