Ilustrasi touring sepeda motor. Honda
Ilustrasi touring sepeda motor. Honda

Safety Riding

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Touring Sepeda Motor

Ekawan Raharja • 09 Februari 2022 10:00
Bandung: Salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh pengguna sepeda motor adalah touring dengan jarak dekat maupun jauh. Touring bisa dilakukan sendirian maupun bersama teman-teman atau komunitas namun tetap harus aman selama perjalanan.
 
“Saat melakukan touring pengendara dan penumpang wajib penggunakan perlengkapan berkendara, diantaranya jaket yang sesuai untuk berkendara, helm standar SNI, sarung tangan, dan masker, serta mempersiapkan jas hujan dan pakaian pengganti sesuai kebutuhan,” ungkap Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma, melalui keterangan resminya.
 
Agar touring aman dan nyaman saat di jalan raya dan sampai tempat tujuan dengan selamat, Ludhy menyebutkan, pengendara wajib mempersiapkan beberapa hal seperti:

Surat-Surat Kendaraaan

Salah satu hal penting dalam persiapan touring adalah mempersiapkan surat-surat kendaraan, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan surat-surat wajib yang harus dibawa saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Kendaraan

Gunakan sepeda motor yang nyaman digunakan saat perjalanan jarak jauh. Apapun jenis kendaraan yang digunakan harus dalam keadaan yang prima. Beberapa bagian motor harus dalam kondisi yang baik, seperti kondisi mesin, kampas rem, oli mesin, kondisi ban, lampu apakah menyala dengan baik. Diwajibkan juga membawa toolkit agar aman selama di perjalanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif