Ilustrasi mengisi BBM. Pertamina
Ilustrasi mengisi BBM. Pertamina

Tips Otomotif

Pertalite dan Solar Dibatasi, Auto2000: Gunakan BBM Sesuai Spesifikasi

Ekawan Raharja • 05 Juli 2022 10:00
Jakarta: Pertamina berencana untuk membatasi pembelian bahan bakar Pertalite dan biosolar untuk masyarakat. Auto2000 sebagai dealer mobil bereaksi dan mengingatkan kepada konsumen untuk lebih mementingkan penggunaan BBM yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil.
 
Mesin bensin terkini Toyota di Indonesia sudah mengandalkan teknologi canggih seperti katup variabel ganda (Dual VVT-i). Penghasil tenaga modern seperti ini menuntut kualitas bahan bakar yang sesuai kebutuhan agar dapat bekerja secara optimal.
 
Pemanfaatan BBM sesuai rekomendasi pabrikan bertujuan untuk kesempurnaan proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin. Seperti diketahui, mesin mobil zaman sekarang memiliki rasio kompresi yang tinggi. Bahkan untuk LCGC sekalipun telah memiliki rasio kompresi di atas 10;1 dan membutuhkan bensin dengan RON 92.
 
Sedangkan BBM dengan nilai oktan yang lebih rendah memiliki sifat mudah terbakar, sehingga jika dipakai pada mesin modern malah akan terbakar sendiri sebelum busi memercikkan api sesuai siklus kerja mesin alias knocking. Efeknya beragam mulai dari penggunaan BBM yang tak efisien, mobil kehilangan performa sampai pada gangguan mesin seperti knocking.
 
Dan bila dibiarkan menggunakan BBM yang tak sesuai rekomendasi, dalam jangka panjang mesin lebih cepat kelelahan, sehingga mempercepat proses kerusakan komponen di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memanfaatkan bensin dengan nilai oktan sesuai rekomendasi pabrikan.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif