Keadaan mobil yang ditumpangi Vanessa Angel beserta keluarga mengalami kecelakaan di Tol Mojokerto-Jombang KM 672, Kamis, 4 November 2021. Dokumentasi/ istimewa
Keadaan mobil yang ditumpangi Vanessa Angel beserta keluarga mengalami kecelakaan di Tol Mojokerto-Jombang KM 672, Kamis, 4 November 2021. Dokumentasi/ istimewa

Vanessa Angel Tewas Kecelakaan, Ini 8 Tips Aman Berkendara Jarak Jauh

Cindy • 04 November 2021 15:56
Jakarta: Kecelakaan tunggal terjadi di KM 672 Tol Mojokerto-Jombang, Jawa Timur, Kamis, 4 November 2021. Kecelakaan itu menewaskan artis Vanessa Angel alias Vanesza Adzania dan suaminya, Febri Andriansyah.
 
Kecelakaan diduga akibat sopir mengantuk. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Timur Kombes M Latif Usman menuturkan sopir yang mengantuk membanting setir ke arah kiri dan menabrak pembatas tol. 
 
"Jadi, yang luka parah itu sebelah kiri (Febri Adriansyah duduk di sebelah kiri samping sopir)," ungkap Latif saat dikonfirmasi, Kamis, 4 November 2021. 

Tips berkendara aman selama perjalanan jarak jauh

Ketika Anda memutuskan untuk berkendara lama dan jauh, ada baiknya mempersiapkan mental dan fisik agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Berkendara jauh menggunakan mobil mungkin terasa menyenangkan pada awalnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi, kesenangan itu dapat cepat hilang ketika rasa lelah dan tidak nyaman mulai menyerang. Untuk itu, penting mempersiapkan semua kebutuhan sebelum berkendara agar perjalanan jauh menjadi lebih aman dan nyaman. 
 
Berikut sejumlah tips aman berkendara jarak jauh dengan mobil, dikutip dari berbagai sumber:

1. Periksa keadaan mobil

Ilustrasi mengemudi. Daihatsu
Ilustrasi mengemudi. Daihatsu.
 
Persiapan awal sebelum melakukan perjalanan jarak jauh adalah memeriksa keadaan mobil untuk memastikan keamanan kendaraan. Pastikan bahan bakar mobil terisi penuh, cek tekanan ban dan isi ulang bila kurang. 
 
Selain itu, periksa aki mobil untuk memastikan sambungannya kencang dan bebas korosi, periksa cairan mobil termasuk oli mesin, power steering, cairan transmisi, dan cairan pembersih kaca depan. Terpenting, pastikan semua lampu interior dan eksterior mobil dapat menyala dan pastikan rem mobil berfungsi baik. 

2. Istirahat cukup sebelum berangkat

Kelelahan saat berkendara mobil sangat lah berbahaya. Apalagi bepergian jarak jauh tentu membutuhkan tenaga ekstra. 
 
Ada baiknya Anda memperoleh istirahat cukup sebelum bepergian. Setidaknya tidur selama 7-8 jam sebelum berangkat. Hindari berkendara jarak jauh setelah melakukan banyak ativitas. 

3. Berhenti setiap 2-3 jam

Duduk dibalik kemudi setir untuk waktu yang lama membuat tubuh terasa pegal dan tidak nyaman. Usahakan untuk berhenti setiap 2-3 jam selama perjalanan dilakukan. 
 
Anda dapat berhenti untuk mengisi bensin, makan, menggunakan kamar mandi atau sekadar meregangkan kaki. Istirahat yang cukup sekitar 20 menit akan memberi Anda energi untuk sampai ke pemberhentian berikutnya. 
 
Anda disarankan untuk tidak mengemudi lebih dari total sepuluh jam dalam satu hari. Hindari juga menyetir antara pukul 1-3 siang. Pada jam-jam tersebut, suhu badan sedang menurun dan membuat orang lebih mudah mengantuk. 
 
Baca: Begini Kronologi Kecelakaan Maut Vanessa Angel dan Suami
 
Halaman Selanjutnya
4. Banyak minum air mineral…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif