Mandalika: Berkendara di sirkuit dengan motor sport menjadi salah satu momen yang sangat menyenangkan bagi para bikers. Namun untuk menikmati ngebut di dalam sirkuit harus memperhatikan sejumlah hal. Aprilia kemudian memberikan sejumlah tips berkendara aman di sirkuit untuk pengalaman track day yang lebih maksimal;
Pastikan Kelengkapan Berkendara untuk Perlindungan Maksimal
Kelengkapan berkendara seperti full-face helm dan racing gear lain saat mengikuti track day sangat penting untuk diperhatikan demi menjaga keselamatan. Pastikan kamu memakai helm full face yang sudah lulus Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan ukuran sesuai lingkar kepala agar nyaman digunakan, tidak mudah terlepas sepanjang balapan, serta memberikan proteksi yang optimal pada kepala.
Begitu pula saat memilih racing gear seperti wear pack, sarung tangan yang menutupi pergelangan serta sepatu berkendara yang melindungi sampai bagian mata kaki, sehingga dapat meredam sebagian dampak benturan apabila terjadi dan pastikan sudah memenuhi standar balap yang ditetapkan agar melindungi tubuh dengan maksimal. Perlengkapan balap juga harus dipastikan berada dalam kondisi laik.
Pastikan Kondisi Motor Dalam Keadaan Prima
Pengendara wajib memastikan motor dalam keadaan prima dan seluruh komponen berfungsi optimal untuk dipacu pada kecepatan tinggi. Dalam memastikan keamanan motor yang digunakan, Aprilia RS 660 dan Tuono 660 yang dibekali teknologi sistem rider assistance technology, Aprilia Performance Ride Control (APRC) dengan lima mode berkendara serta pengereman dan daya cengkram yang kuat saat melakukan berbagai manuver di sirkuit.
Baca Juga:
Mau Tahu Cara Bikin Motor jadi Lebih Irit? Baca Nih!
Memahami Aturan Lintasan Demi Keselamatan
Setiap sirkuit memiliki aturan lintasan masing-masing dan mungkin berbeda satu sama lain, termasuk di Mandalika International Street Circuit. Jadi pengendara wajib mematuhi ketentuan yang ada untuk memastikan keamanan dan kelancaran track day.
Sebagai contoh di acara Aprilia Track Day, setiap sesinya terdiri dari 3 pengendara yang dapat menggunakan track selama 35 menit. Unit yang digunakan perlu disesuaikan untuk ketentuan keselamatan berkendara di sirkuit.
“Keselamatan pengendara adalah prioritas kami dalam memastikan pengalaman berkendara terdepan di setiap lini produk yang ditawarkan. Kami berkomitmen untuk terus merancang kendaraan dengan fitur keamanan terdepan, menawarkan ragam racing gear yang tidak hanya memberikan proteksi maksimal tapi juga meningkatkan style pengguna, serta memberikan edukasi keamanan berkendara di segala situasi, baik itu di jalanan perkotaan maupun sirkuit,” jelas PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari, melalui keterangan resminya.
Mandalika: Berkendara di sirkuit dengan motor sport menjadi salah satu momen yang sangat menyenangkan bagi para bikers. Namun untuk menikmati ngebut di dalam sirkuit harus memperhatikan sejumlah hal. Aprilia kemudian memberikan sejumlah tips berkendara aman di sirkuit untuk pengalaman track day yang lebih maksimal;
Pastikan Kelengkapan Berkendara untuk Perlindungan Maksimal
Kelengkapan berkendara seperti full-face helm dan racing gear lain saat mengikuti track day sangat penting untuk diperhatikan demi menjaga keselamatan. Pastikan kamu memakai helm full face yang sudah lulus Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan ukuran sesuai lingkar kepala agar nyaman digunakan, tidak mudah terlepas sepanjang balapan, serta memberikan proteksi yang optimal pada kepala.
Begitu pula saat memilih racing gear seperti wear pack, sarung tangan yang menutupi pergelangan serta sepatu berkendara yang melindungi sampai bagian mata kaki, sehingga dapat meredam sebagian dampak benturan apabila terjadi dan pastikan sudah memenuhi standar balap yang ditetapkan agar melindungi tubuh dengan maksimal. Perlengkapan balap juga harus dipastikan berada dalam kondisi laik.
Pastikan Kondisi Motor Dalam Keadaan Prima
Pengendara wajib memastikan motor dalam keadaan prima dan seluruh komponen berfungsi optimal untuk dipacu pada kecepatan tinggi. Dalam memastikan keamanan motor yang digunakan, Aprilia RS 660 dan Tuono 660 yang dibekali teknologi sistem rider assistance technology, Aprilia Performance Ride Control (APRC) dengan lima mode berkendara serta pengereman dan daya cengkram yang kuat saat melakukan berbagai manuver di sirkuit.
Baca Juga:
Mau Tahu Cara Bikin Motor jadi Lebih Irit? Baca Nih!
Memahami Aturan Lintasan Demi Keselamatan
Setiap sirkuit memiliki aturan lintasan masing-masing dan mungkin berbeda satu sama lain, termasuk di Mandalika International Street Circuit. Jadi pengendara wajib mematuhi ketentuan yang ada untuk memastikan keamanan dan kelancaran track day.
Sebagai contoh di acara Aprilia Track Day, setiap sesinya terdiri dari 3 pengendara yang dapat menggunakan track selama 35 menit. Unit yang digunakan perlu disesuaikan untuk ketentuan keselamatan berkendara di sirkuit.
“Keselamatan pengendara adalah prioritas kami dalam memastikan pengalaman berkendara terdepan di setiap lini produk yang ditawarkan. Kami berkomitmen untuk terus merancang kendaraan dengan fitur keamanan terdepan, menawarkan ragam racing gear yang tidak hanya memberikan proteksi maksimal tapi juga meningkatkan style pengguna, serta memberikan edukasi keamanan berkendara di segala situasi, baik itu di jalanan perkotaan maupun sirkuit,” jelas PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari, melalui keterangan resminya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)