Di dalam cluster meter terdapat speedometer, odometer dan tachometer yang sangat membantu dalam memeriksa kondisi mobil. Suzuki
Di dalam cluster meter terdapat speedometer, odometer dan tachometer yang sangat membantu dalam memeriksa kondisi mobil. Suzuki

Tips Otomotif

Meski Sering Dilihat, Ini Perbedaan Speedometer, Odometer, & Tachometer

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 23 Februari 2021 17:00
Jakarta: Bagi para pengemudi tentu akan sering memandang cluster meter yang ada di depannya untuk memantau kondisi mobil. Meski sering dipandang, namun masih banyak yang belum memahami 100 persen fitur yang ditawarkan di cluster meter.
 
Sebagai contoh saja di cluster meter biasanya disebutkan istilah speedometer, odometer dan tachometer. Tapi sudah tahukah anda perbedaan ketiganya tersebut? Laman resmi Suzuki kemudian membagikan apa saja kerja ketiga komponen tersebut.
 

1. Speedometer

Speedometer dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai alat untuk mengukur kecepatan kendaraan. Terdapat dua jenis alat ukur kecepatan ini yaitu jenis analog dan digital. Cara kerja kedua jenis alat ukur ini pun juga berbeda.
 
Speedometer analog menggunakan cara kerja yang menggunakan roda bergigi. Roda bergigi ini akan terhubung dengan poros roda yang dilengkapi pula dengan jarum sebagai penunjuk kecepatan saat berkendara.
 
Speedometer analog mempunyai indikator kecepatan mulai dari angka 0 hingga batas maksimum yang terdapat pada kendaraan. Analog jenis ini dioperasikan melalui kabel yang dilengkapi pula dengan kawat kaca, bahkan harga jual speedometer analog ini terjangkau.
 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif