Ilustrasi jalan tol. Jasa Marga
Ilustrasi jalan tol. Jasa Marga

Safety Driving

4 Tips Safety Driving Biar Mudik Semakin Aman dan Nyaman

Otomotif Mudik Lebaran tips mobil safety driving tips otomotif OLX Autos Mudik Lebaran 2022 SDCI
Ekawan Raharja • 01 Mei 2022 16:00
Jakarta: Tahun ini, masyarakat Indonesia akhirnya bisa kembali melakukan aktivitas mudik, setelah dua kali Lebaran sebelumnya tertahan oleh pandemi Covid-19. Bagi masyarakat yang hendak melakukan mudik, pastikan melakukan perjalanan yang aman dan nyaman dengan menerapkan teknik-teknik safety driving.
 
Founder Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, membagikan tips dan trik mudik yang aman dan nyaman berdasarkan kaidah safety driving saat mengisi program acara Cars & Coffee Powered by OLX Autos.

1. Periksa 4 Titik di Mobil Anda

Pastikan Anda sudah memeriksa 4 titik utama pada mobil Anda secara detail. Pertama adalah bagian lampu. Pastikan kondisi lampu Anda menyala dan tidak dimodifikasi karena ini mempengaruhi penerangan pada jalan. Selain fungsi utamanya sebagai alat penerangan di jalan. Lampu juga memiliki fungsi sebagai alat berkomunikasi dengan pengguna jalan lain. Oleh karena itu memastikan kondisi lampu masih dalam kondisi yang baik merupakan hal yang penting.
 
Kedua, pastikan ban mobil itu masih aman digunakan. Ketebalan minimal pada ban adalah 6 mm dan segera ganti ban Anda jika ketebalan sudah di bawah 6mm. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi ban masih prima dan tidak akan terjadi slip pada saat melakukan perjalanan jauh. Selain itu, pastikan tekanan angin ban sudah sesuai dengan tire placard kendaraan masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketiga adalah mesin. Pastikan kondisi oli mesin, gantilah oli mesin jika merasa oli mesin sudah perlu diganti. Lalu pastikan kelistrikan mobil secara keseluruhan masih berfungsi dengan baik, serta mengecek air radiator dan air wiper.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif