Jangan lupakan untuk mengecek dan merawat kondisi ban mobil. MItsubishi
Jangan lupakan untuk mengecek dan merawat kondisi ban mobil. MItsubishi

Tips Otomotif

6 Poin Wajib Pengecekan & Perawatan Ban Mobil

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 23 September 2020 12:00

Jakarta: Ban merupakan satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan jalanan, dan kondisinya tentu harus selalu optimal. Demi memastikan kondisi ban selalu optimal ketika menggilas aspal, maka diperlukan pengecekan dan perawatan yang tepat oleh pemilik kendaraan.
 
"Ban memiliki peranan penting dalam memastikan kondisi kendaraan aman dan nyaman. Sebagai komponen yang secara langsung bersentuhan dengan permukaan jalan, ban memiliki peranan penting dan membutuhkan pengecekan dan perawatan secara berkala," ungkap Head of After Sales & CS Operation PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto, melalui surat elektroniknya.
 
Dia pun membeberkan ada 6 poin pengecekan dan perawatan ban yang baik dan benar, adalah;

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Cek Tekanan Udara
Pengecekan tekanan udara sangat mendasar dari rutinitas pengecekan ban. Anda dapat dengan mudah melihat sekeliling mobil, apakah ada ban yang kempes atau tekanan udaranya berkurang. Selain demi keamanan dan kenyamanan, tekanan udara yang sesuai dengan spesifikasi akan membuat usia ban lebih panjang dan juga hemat bahan bakar.
 
Jika tekanan udara ban kurang, maka resiko untuk mengalami pecah ban lebih besar. Karena dinding samping ban akan dipaksa selalu bersentuhan dengan jalan dan pada akhirnya menjadi aus/ tipis sehingga tidak akan kuat menahan bobot mobil


 
Halaman Selanjutnya


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif