Sekring di mobil. Suzuki
Sekring di mobil. Suzuki

Tips Otomotif

Mengenal Fungsi Sekring Mobil, Sang Pengaman Kelistrikan

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 06 Januari 2021 09:00
Jakarta: Kendaraan seperti mobil tentu memiliki banyak sekali komponen untuk bisa dikendarai sebagaimana mestinya. Bila satu komponen saja tidak dapat berfungsi dengan maksimal, maka akan menghambat kinerja komponen lain. Sekring mobil adalah salah satu komponen penting tersebut, khususnya untuk sektor kelistrikan.
 
Meskipun ukurannya relatif kecil, sekring ini memiliki fungsi utama yang mampu memutus arus listrik. Adanya sekring ini akan membuat mobil menjadi lebih aman dalam mendeteksi arus listrik tidak normal dalam mobil.
 
Kondisi arus listrik pada kendaraan tak selamanya dalam keadaan normal, seperti dikutip dari laman resmi Suzuki. Pada saat-saat tertentu, kendaraan bisa mengalami kelebihan arus listrik yang beroperasi di dalamnya.
 
Peran sekring di sini sangat dibutuhkan, yang mana fungsi sekring mobil dapat memotong arus listrik bila terjadi kelebihan muatan arus. Kendati demikian, adanya sekring juga tidak akan berpengaruh dalam kondisi normal.
 
Sekring juga tidak akan memotong arus jika arusnya normal, karena komponen ini mampu mendeteksi kondisi arus tersebut. Adanya sekring ini sudah pasti sangat dibutuhkan oleh kendaraan, termasuk mobil, untuk selalu menjaga performa mobil menjadi tetap seimbang.
 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif