Jakarta: Ukuran truk yang besar berpengaruh terhadap blind spot bagi pengemudinya. Bagi pengguna jalan yang berada di sekitar truk wajib tahu titik-titik blind spot truk untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan karena tidak terpantau oleh sopir truk.
Blind spot atau titik buta adalah area di sekitar kendaraan yang tidak dapat dilihat oleh pengemudi melalui kaca spion atau jendela. Area ini bisa berada di sisi kiri, kanan, depan, atau belakang kendaraan dan menjadi area yang berpotensi menyebabkan kecelakaan jika tidak diwaspadai.
"Semakin panjang dan lebar (truk), blind spot semakin besar," kata Learning Center and Transformation Division Isuzu Astra Motor Indonesia, Thomas Aquiono Wijanarka, di Pondok Ungu Bekasi.
Thomas pun memberikan pelatihan mengenai titik buta truk Isuzu Giga di area Isuzu Training Center, Pondok Ungu, Bekasi. Disebutkan bahwa titik blind spot pertama ada di depan truk, semakin mepet dengan truk maka semakin tidak terlihat oleh sopir.
Kemudian sisi blind spot di sebelah kiri ada di sekitar roda, bemper, dan membentang sekitar 3 meter. Begitu juga di kanan terdapat blind spot membentang sepanjang bagian kanan hingga melebar dekat roda dan bemper.
Terakhir, titik buta ada juga di area belakang. Hal ini karena pandangan sopir terhalang muatan/box truk, dan area belakang tidak ter-cover oleh kaca spion.
Jakarta: Ukuran
truk yang besar berpengaruh terhadap
blind spot bagi pengemudinya. Bagi pengguna jalan yang berada di sekitar truk wajib tahu titik-titik blind spot truk untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan karena tidak terpantau oleh
sopir truk.
Blind spot atau titik buta adalah area di sekitar kendaraan yang tidak dapat dilihat oleh pengemudi melalui kaca spion atau jendela. Area ini bisa berada di sisi kiri, kanan, depan, atau belakang kendaraan dan menjadi area yang berpotensi menyebabkan kecelakaan jika tidak diwaspadai.
"Semakin panjang dan lebar (truk), blind spot semakin besar," kata Learning Center and Transformation Division Isuzu Astra Motor Indonesia, Thomas Aquiono Wijanarka, di Pondok Ungu Bekasi.
Thomas pun memberikan pelatihan mengenai titik buta truk Isuzu Giga di area Isuzu Training Center, Pondok Ungu, Bekasi. Disebutkan bahwa titik blind spot pertama ada di depan truk, semakin mepet dengan truk maka semakin tidak terlihat oleh sopir.
Kemudian sisi blind spot di sebelah kiri ada di sekitar roda, bemper, dan membentang sekitar 3 meter. Begitu juga di kanan terdapat blind spot membentang sepanjang bagian kanan hingga melebar dekat roda dan bemper.
Terakhir, titik buta ada juga di area belakang. Hal ini karena pandangan sopir terhalang muatan/box truk, dan area belakang tidak ter-cover oleh kaca spion.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)