Ilustrasi perawatan mobil oleh bengkel resmi. Daihatsu
Ilustrasi perawatan mobil oleh bengkel resmi. Daihatsu

Tips Otomotif

Cara Mudah Merawat Mobil Selama PPKM

Otomotif daihatsu tips mobil tips knowledge tips otomotif ppkm
Ekawan Raharja • 10 Agustus 2021 10:00

Jakarta: Pemerintah secara resmi memperpanjang masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 16 Agustus 2021. Praktis PPKM ini membuat banyak orang yang bekerja dari rumah dan membuat mobil jarang digunakan dalam 1 bulan lebih.
 
Pemilik mobil tentu diharapkan tetap melakukan perawatan mobil demi menjaga kondisinya tetap optimal. Daihatsu kemudian membagikan 5 cara mudah merawat mobil selama tidak digunakan dengan melakukan hal - hal sebagai berikut: 
 
1. Memanaskan mesin mobil secara teratur, paling tidak 1 kali dalam seminggu kurang lebih 10-20 menit untuk menjaga daya yang tersimpan aki. Mobil yang tidak dipakai, mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya. Di lain hal, saat memanaskan mobil di garasi rumah pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.
 
2. Menjaga tekanan angin ban dan dapat menambahkan tekanan angin sekitar 5 persen dari tekanan angin normal. Anda juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju–mundur bersamaan saat memanaskan mesin agar beban mobil pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata sehingga kerusakan dikarenakan flat spot dapat dicegah. 
 
3. Pilih area parkir yang paling tepat, garasi rumah menjadi pilihan terbaik. Bagi Anda yang tidak memarkir di garasi, pastikan mobil tidak diparkir di area yang terkena matahari secara langsung atau di bawah pohon karena dapat membuat cat mobil pudar dan kusam. Pastikan juga lokasi parkir tersebut juga aman dan terpantau, serta tambahkan kunci setir bila diperlukan.


 
Halaman Selanjutnya
  4. Transmisi dan Rem…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif