Seres E1. Seres
Seres E1. Seres

Ternyata Ini Cara Ngecas Mobil Listrik yang Benar

Ekawan Raharja • 22 Oktober 2024 09:49
Denpasar: Teknik pengecasan baterai kendaraan listrik memainkan peranan penting terhadap umur baterai. Semakin baik cara pengecasan, maka semakin panjang masa pakai baterai.
 
Product Expert DFSK-SERES, Ihcsan Aria Putra, membeberkan cara pengecasan yang baik adalah pengecasan yang singkat. Dia menekankan setiap mobil listrik digunakan, maka sebaiknya langsung di cas.
 
"Sebagai contoh misalkan pergi ke minimarket dekat rumah, pas kembali terpakai 2 persen (daya baterai). Maka sampai rumah, langsung di cas," ujar Ihcsan kepada Medcom.id pada Senin (21-10-2024) di Denpasar Bali.

Dia menjelaskan semakin cepat pengecasan dilakukan, maka meminimalisir baterai panas. Hingga akhirnya umur baterai lebih awet.
 
Baca Juga:
Dua Pilihan Skema Home Charging untuk Konsumen Mobil Listrik

 
Kemudian dia juga menjelaskan, konsumen Seres E1 tidak perlu khawatir untuk mengecas mobil dan ditinggal. Para insinyur di China dibekali dengan fitur otomatis cut/off saat kondisi baterai sudah terisi penuh.
 
"Misalkan ngecas jam 8 malam sampai jam 8 pagi. Jam 11 sudah penuh baterai, maka secara otomatis cut/off bekerja dan menghentikan pengisian. Sehingga baterai aman meski charger tidak dilepas," lanjut Ihcsan.
 
Ihcsan kemudian menjelaskan E1 Type-B dibekali baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh yang mampu menempuh jarak maksimum sepanjang 180 km dalam satu pengisian baterai penuh. Sedangkan E1 Type-L memiliki kapasitas baterai 16,8 kWh mampu menempuh jarak tempuh maksimum 220 km.
 
Mobil listrik E1 menggunakan charging port standar di Indonesia, yakni Type 2 untuk AC charging. Penggunanya bisa mengisi daya baterai E1 hingga penuh dalam waktu 3,5-4 jam menggunakan instalasi listrik yang digunakan di rumah sehari-hari.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan