Mobil yang lama dianggurin di garasi berpotensi mengalami kerusakan. Asuransi Astra
Mobil yang lama dianggurin di garasi berpotensi mengalami kerusakan. Asuransi Astra

Perawatan Kendaraan

Langkah Mudah Perawatan Mobil yang Kelamaan Nganggur

Otomotif tips mobil perawatan kendaraan tips otomotif
Ekawan Raharja • 31 Agustus 2020 14:41
Jakarta: Di masa Pademik Covid-19 ini, baik selama PSBB atau masa transisi, masih banyak masyarakat yang bekerja dari rumah (work from home) dan membuat mobil lama dianggurin di garasi. Kalau sudah seperti ini, maka sejumlah resiko menanti apabila mobil kesayangan yang lama mangkrak dibiarkan begitu saja.
 
Selama mobil di garasi diam begitu saja, bukan berarti mobil bebas dari perawatan dan penyakit. Bahkan laman resmi Mobil88 melansir, ada 4 resiko yang bisa dialami oleh mobil di garasi.
 

1. Kondisi Aki Berpotensi Menjadi Kurang Prima

Ini adalah risiko yang paling rentan rusak karena mobil hanya terparkir saja dan Anda tidak rutin untuk memanaskan mesin. Komponen aki tugasnya adalah menyimpan daya listrik pada mobil, jika lama tidak dinyalakan maka daya yang tersimpan akan terus berkurang. Sedangkan jika mobil digunakan rutin maka aki ini akan terus menyimpan daya listrik yang didapat dari putaran mesin.
 
Apalagi jika umur aki mobil sudah di atas 2 tahun, otomatis akan rentan sekali terjadi penurunan kualitas aki tersebut. Cara satu-satunya merawat aki ini dengan rutin menyalakan mobil dan biarkan sampai ke kondisi ideal mesin. Atau lebih baik, sesekali jalankan mobil keliling komplek dan jalan sekitar rumah. Sebab ketika mobil bergerak pengisian daya listrik pada aki lebih maksimal.
 
 
Halaman Selanjutnya
  2. Ban Kempes Saat…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif